PAN Ajak Anies dan Sandi Kembali Bersatu pada Pemilu 2024

Image title
30 Mei 2022, 14:34
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, kembali memberikan sinyal untuk mengajak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Tak hanya Anies, PAN juga berupaya menggandeng Menteri Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Bersama-sama, Anies-Sandi berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 2017 lalu. 

Ajakan ini disampaikan Zulkifli Hasan saat menghadiri menghadiri puncak acara Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera di Istora Senayan pada Minggu (29/5). Tak hanya Anies dan Sandi, dia juga mengajak Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar yang turut hadir di acara tersebut untuk bekerja sama.

“Kami mencoba Pak Anies, Cak Imin, Pak Sandi mudah-mudahan nanti kita bisa bareng-bareng,” ujarnya.

Ajakan tersebut dimaksudkannya agar Pemilu 2024 tak hanya memunculkan dua kandidat calon presiden (capres), sebagaimana yang terjadi pada 2019 lalu. Zulhas menilai bahwa dua pasang kandidat akan mengkotak-kotakkan para pendukung ke dalam dua kubu politik.

“Oleh karena itu, masing-masing pendukung mati-matian membela kandidatnya dan meniadakan kandidat yang lain,” kata Zulhas.

Terkait nama Anies dan Sandi, sebelumnya PAN merupakan salah satu partai yang mendukung mereka pada Pilkada 2017. Saat itu, PAN berkoalisi bersama dengan Gerindra dan PKS.

Koalisi ketiga partai ini berlanjut pada Pemilu 2019, dengan mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai capres - cawapres. Namun pada 2019, koalisi ini diramaikan dengan kehadiran Partai Demokrat dan Berkarya. Mereka pun menamakan diri menjadi Koalisi Indonesia Adil Makmur. 

Koalisi tersebut bubar setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Prabowo-Sandi terkait hasil Pemilu 2019.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...