Koalisi Terbuka KIB dan KSM, Mungkinkah Bersatu?

Image title
10 Juni 2022, 20:37
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Se
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Kegiatan silaturahmi nasional itu merupakan sebuah ikhtiar partai-partai KIB yaitu Partai Golkar, PAN, dan PPP untuk menunjukkan tradisi politik yang baru.

Jelang dibukanya pendaftaran partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sejumlah partai politik membuat manuver membangun koalisi. Situasi ini berbeda dibandingkan pelaksanaan Pemilu sebelumnya, saat komitmen koalisi justru dilakukan menjelang pendaftaran calon presiden (capres).

Teranyar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat membentuk Koalisi Semut Merah (KSM) sebagai penjajakan, karena sama-sama memiliki latar belakang partai bernuansa Islami. Sebelumnya, telah ada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Uniknya, ketika mengumumkan kerja sama, KSM yang belum memenuhi presidential treshold  atau ambang batas untuk mengajukan capres, berusaha merayu partai lain agar dapat mencapai syarat 20% kursi parlemen. Termasuk tentunya partai politik yang sudah masuk dalam KIB. 

Menanggapi ajakan KSM ini, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Golkar, Zainudin Amali, tak ingin mencampuri kerja sama di antara PKB dan PKS. Dia mempersilakan setiap partai untuk memilih sesuai dengan arah politik dan strategi pemenangan masing-masing. 

 Untuk itu, KIB juga tetap membuka komunikasi dan pintu mereka, kepada partai politik lainnya untuk bergabung.

Baginya, peluang untuk berkoalisi masih terbuka lebar bagi setiap partai, karena jalan menuju Pemilu masih panjang.  “Ya silakan saja. Ini namanya juga mencocokkan rencana, mencocokkan visi, dan lain sebagainya,” tutur Zainudin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (10/6). 

Zainudin juga menyambut gembira KSM kehadiran, karena dapat menambah semarak perhelatan pesta demokrasi pada 2024 mendatang. Hal ini juga memperkecil peluang Pemilu diselimuti suasana tegang atau ketakutan di masyarakat.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...