Belanda Bongkar Identitas Mata-mata Rusia Hendak Magang di ICC

Aryo Widhy Wicaksono
17 Juni 2022, 11:21
Carlos Barria Tentara Ukraina mengendarai sebuah tank di sepanjang jalan, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di dekat kota Pokrovsk, Donetsk, Ukraina, Rabu (25/5/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria/WSJ/cf
Carlos Barria Tentara Ukraina mengendarai sebuah tank di sepanjang jalan, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di dekat kota Pokrovsk, Donetsk, Ukraina, Rabu (25/5/2022).

Badan intelijen dan Keamanan Umum Belanda (AVID) telah menemukan seorang agen militer Rusia, yang mencoba menggunakan identitas palsu untuk menyusup ke Pengadilan Kriminal Internasional atau International Criminal Court (ICC). Lembaga ini sedang menyelidiki tuduhan kejahatan terkait perang di Ukraina.

Melalui pernyataan resmi, AIVD menyebut perwira intelijen Rusia ini berusaha mendapatkan akses sebagai pekerja magang ke kantor ICC di Den Haag, Belanda.

Advertisement

Orang tersebut bekerja untuk Badan Intelijen Militer Rusia (GRU), tetapi menggunakan identitas samaran Brasil, untuk melakukan perjalanan dari Brasil ke Belanda.

Menyitir Reuters, agen itu disebutkan bernama Sergey Vladimirovich Cherkasov. Dia membuat cerita rekaan sejak beberapa tahun lalu, agar dapat memasuki Belanda.

“Ini rencana jangka panjang, operasi beberapa tahun GRU (dinas intelijen militer Rusia) yang menghabiskan banyak waktu, energi, dan uang,” kata kepala badan intelijen Belanda Erik Akerboom, Kamis (16/6) kepada Reuters.

Polisi federal Brasil mengatakan Cherkasov telah ditahan dan diadili karena penggunaan dokumen palsu.

"Ini jelas menunjukkan kepada kita apa yang Rusia lakukan - mencoba untuk mendapatkan akses ilegal ke informasi di dalam ICC. Kami mengklasifikasikan ini sebagai ancaman tingkat tinggi," tambah Akerboom, mengatakan ICC telah menerimanya untuk magang.

Dalam sebuah pernyataan resmi, AIVD menganggapnya sebagai ancaman bagi keamanan nasional, dan dinas tersebut memberi tahu Dinas Imigrasi dan Naturalisasi Belanda. Orang tersebut mengenai hal ini dalam sebuah laporan resmi (“ambtsbericht”).

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement