Tutup Peluang Kader Jadi Capres 2024, Nasdem Tatap Pilpres 2029

Image title
17 Juni 2022, 18:55
Rakernas Nasdem
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Rakernas Nasdem

Setelah memastikan tidak akan mengusung calon presiden (capres) dari kalangan internal pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pun mempersiapkan kadernya untuk menjadi calon pemimpin untuk bersaing di 2029. 

“Pada 2029 kami akan mencalonkan kader internal,” ujar Wakil Ketua Umum Nasdem, Ahmad Ali di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (17/6).

Ali menyampaikan bahwa Nasdem memiliki perbedaan mendasar dengan partai lain menyangkut proses memilih capres. Sebab di saat partai lain mengutamakan kadernya untuk diusung menjadi capres, Nasdem memilih capres berdasarkan potensinya. Oleh sebab itu, Nasdem baru akan mengusung kader, jika memang orang tersebut memiliki potensi untuk memenangi Pilpres.

“Insya Allah kalau nanti ada kader internal Nasdem yang dinilai objektif menuju kualifikasi itu, tentu kita dorong,” ungkapnya.

Sejak awal, menurut Ali, Nasdem memang tak pernah memaksakan diri untuk mengusung kader untuk mengikuti berbagai kontestasi demokrasi. Salah satu contohnya adalah ketika Nasdem mendukung Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil. Dia berasal dari kalangan non partai politik saat mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 untuk posisi gubernur.

Menurut Ali, merupakan hal yang lumrah ketika partai politik mengusung putera-puteri terbaik bangsa untuk menjadi pemimpin. Oleh karena itu, dia menyayangkan ketika terdapat anak negeri yang memiliki potensi menjadi pemimpin tetapi belum memiliki kendaraan untuk mengikuti Pemilu.

Dia berpandangan partai politik semestinya memberikan kesempatan untuk memfasilitasi berbagai pihak dari kalangan non-partai, yang potensial sebagai pemimpin maupun memenangkan Pilpres.

“Partai politik selalu merasa dirinya lebih tahu, lebih baik dari orang lain. Nasdem buka peluang ke semua orang,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...