Nasdem Usung Tiga Nama Capres 2024: Anies, Ganjar, Jenderal Andika

Image title
17 Juni 2022, 21:46
Rakernas Partai Nasdem
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Rakernas Partai Nasdem

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) telah sampai pada babak akhir. Pada penutupan ini, Nasdem pun mengumumkan tiga nama yang akan menjadi bakal calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Pertama, Anies Rasyid Baswedan, kedua Mohammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo," ujar Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, membacakan tiga nama rekomendasi Rakernas, saat menutup Rakernas Nasdem di di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (17/6) malam. 

Menurut Paloh, tiga nama yang terjaring dari aspirasi kader Nasdem dan menjadi pilihan Rakernas ini, meskipun memiliki urutan tetapi secara kualifikasi mempunyai nilai yang sama. 

 Selanjutnya, ketiga nama ini akan dibahas lagi untuk memunculkan satu nama capres dari Nasdem. "Insya Allah kita akan tetapkan satu, waktu dan tempatnya kita cari bulan baik," jelasnya.

Surya Paloh pun menjelaskan alasan di balik proses pemilihan bakal capres yang dilakukan jauh hari sebelum proses pendaftaran capres. Hal ini berbeda dengan kebiasaan sebelumnya, di mana nama-nama capres muncul menjelang penutupan pendaftaran capres dan setelah koalisi terbentuk.

"Kalau ada yang bertanya kenapa malam hari ini Nasdem sudah mempersiapkan capres 2024 yang akan datang. Jawabannya sederhana, karena kita tahu diri," jelas Paloh.

Sebab meski telah mengumumkan bakal capres pilihannya, Nasdem tak bisa langsung mengajukan nama-nama tersebut. Ini disebabkan perolehan suara NasDem, belum memenuhi ambang batas pencalonan yang diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, yaitu sebesar 20 persen.

Perolehan suara NasDem pada Pemilu 2019 untuk anggota legislatif di tingkat pusat mencapai 9,05 persen, sehingga masih perlu untuk membangun koalisi dengan partai lain.

"Kita tidak bisa bekerja dalam speed yang sama, kita tidak bisa bekerja seperti itu, kita tahu punya banyak kelemahan, kita belum memenuhi persyaratan," ucapnya.

Untuk itu, Nasdem perlu bekerja lebih keras untuk dapat memenuhi tujuannya, tak hanya memenangkan Pemilu 2024, tetapi juga mewujudkan bangsa yang lebih baik.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...