Sepakat Koalisi, PKB-Gerindra Usung Prabowo dan Cak Imin

Image title
20 Juni 2022, 07:56
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sepakat menjalin kerja sama, dengan menjajaki pembentukan poros koalisi sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kerja sama kedua partai tersebut dinamai Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menyampaikan bahwa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung KKIR adalah Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin alias Cak Imin.

“PKB dan Gerindra sepakat membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dengan pasangan Mas Bowo - Gus Muhaimin,” kata Jazil dalam keterangannya pada Minggu (19/6).

Meski telah sepakat menjalin kerja sama koalisi, sejahu ini Jazilul mengakui belum tanda pengikat resmi di antara kedua partai, untuk membangun KKIR. Oleh sebab itu, dalam waktu dekat, kedua partai berencana mendeklarasikan kesepakatan ini secara resmi.

"Kita sedang mencari hari yang baik untuk deklarasi resminya,” ujar Jazilul. 

Meski diinisiasi dua partai, menurut Jazil, KKIR merupakan koalisi yang terbuka bagi seluruh partai politik. Dirinya pun mengajak partai-partai politik lain, khususnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Demokrat, untuk bergabung menjadi bagian dari KKIR.

“Kami juga membuka dan mengajak partai lainnya untuk bergabung bersama-sama membangun koalisi yang kuat, baik PKS, Demokrat dan lainnya,” katanya.

Kesepakatan kerja sama di antara keduanya juga diakui oleh Ketua Harian Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Dasco yang turut mendampingi Prabowo saat menyambut Cak Imin pada Sabtu (18/6), juga mengakui bahwa telah ada kesepakatan di antara Gerindra dan PKB untuk bekerja sama dalam rangka persiapan Pemilu 2024.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...