Megawati: Kader PDIP Manuver soal Capres, Keluar!

Megawati menekankan persoalan capres dan koalisi untuk Pemilu 2024 sepenuhnya hak prerogatif ketua umum PDIP
Image title
21 Juni 2022, 13:17
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu (12/1/2020).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kiri) berbincang dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini mulai melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk membahas strategi partai dalam memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Saat membuka Rakernas, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan pesan tegas agar kader PDIP tidak melakukan manuver politik, menyangkut penentuan sosok yang akan menjadi calon presiden (capres) maupun pembentukan koalisi.

"Kalian, siapa yang berbuat manuver, keluar!" ucap Megawati dengan suara tinggi saat memberikan sambutan pembukaan Rakernas di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (21/6).

Menurutnya, PDIP tidak menginginkan kader yang suka bermain politik dengan mengedepankan oportunisme. "Tidak ada di dalam PDIP yang namanya main dua kaki, main tiga kaki, melakukan manuver."

Advertisement

Megawati pun meminta semua kader untuk bersabar menunggu keputusannya dalam menentukan siapa sosok yang akan menjadi capres atau cawapres dalam Pemilu 2024 nanti, termasuk juga partai koalisi yang akan digandeng PDIP.

Sebagai ketua umum, Megawati mengingatkan seluruh kader bahwa dia memiliki hak prerogatif untuk menentukan dua pilihan ini. Amanat tersebut menjadi haknya, setelah seluruh kader secara mufakat memilihnya menjadi Ketua Umum.

Megawati juga mengingatkan seluruh kader agar tidak berkomunikasi mendahuluinya terkait urusan koalisi.

Sebelumnya, politisi PDIP Puan Maharani menjelaskan, bahwa bakal capres dari PDIP akan menjadi salah satu topik pembahasan pada Rakernas yang digelar pada 21-23 Juni 2022.

Sebagai satu-satunya partai yang sudah memenuhi persyaratan presidential threshold atau ambang batas mencalonkan presiden karena memiliki kursi parlemen lebih dari 20%, PDIP akan menggodok lebih dalam strategi pemenangan Pemilu, termasuk sosok capres dan cawapres.

“Partai yang saat ini punya kursi cukup pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara. Salah satunya nama-nama yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024,” ungkap putri dari Megawati ini.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjend) PDIP, Hasto Kristiyanto. Menurutnya saat ini PDIP sudah memiliki beberapa nama untuk diusung sebagai capres pada Pemilu mendatang. Akan tetapi, nama-nama tersebut masih berada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait