Bertemu PM Kamboja, Prabowo Ingatkan Pentingnya Kebersamaan ASEAN

Aryo Widhy Wicaksono
23 Juni 2022, 11:37
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu Perdana Menteri Kerajaan Kamboja H.E. Hun Sen
Dok. Kemhan/Katadata
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu Perdana Menteri Kerajaan Kamboja H.E. Hun Sen

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menemui Perdana Menteri Kerajaan Kamboja H.E. Hun Sen, di sela-sela rangkaian kegiatan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Rabu (22/6).

Dalam pertemuan ini, Prabowo menegaskan posisi Indonesia yang selalu menghargai peran dan dukungan Kamboja dalam kerja sama bilateral serta Multilateral dalam kawasan ASEAN.

“Kita harus berdiri bersama sebagai negara ASEAN untuk kepentingan bersama ASEAN,” ungkap Menhan Prabowo, dalam keterangan resmi Kemenham, Kamis (23/6).

Indonesia dan Kamboja selama ini memiliki hubungan kerja sama yang erat, terutama pada bidang pertahanan. Secara khusus TNI aktif memberikan dukungan dalam hal pendidikan dan pelatihan kepada Pasukan Para Komando Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja atau Royal Cambodian Armed Forces (RCAF), Pasukan Pengawal Perdana Menteri Kamboja, dan Pasukan Penjaga Perdamaian Kamboja.

Prabowo pun menyinggung bagaimana pertemuan dan komunikasi di antara pemimpin kedua negara, serta interaksi pemerintah dalam beberapa waktu terakhir menunjukkan adanya kesamaan visi dalam upaya meningkatkan kualitas kerja sama yang sedang berlangsung.

“Saya berharap kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Kamboja dapat terus dipertahankan dalam semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati,” ujar Menhan.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...