Garuda Menang PKPU, Erick Thohir Akan Cairkan PMN Rp 7,5 Triliun

Aryo Widhy Wicaksono
27 Juni 2022, 15:44
Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan langsung penindakan dari kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat Garuda Indonesia pada Senin (27/6).
Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan langsung penindakan dari kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat Garuda Indonesia pada Senin (27/6).

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat resmi menyetujui rencana perdamaian dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. pada Senin (27/6). Pengesahan tersebut sesuai dengan dukungan mayoritas kreditur berdasarkan agenda pemungutan suara atau voting yang berlangsung Jumat (17/6) lalu.

Menanggapi keputusan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir, mengatakan hasil sidang membuat pemerintah dapat menjalankan rencana selanjutnya untuk upaya menyelamatkan Garuda Indonesia.

Advertisement

"Hari ini PKPU memutuskan program restrukturisasi bisa dijalankan dengan proses yang kita inginkan sejak awal, bahwa Garuda kita selamatkan karena ini flag carier," ucap Erick saat menghadiri konferensi pers penetapan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat Garuda Indonesia di kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (27/6).

Erick juga melihat hasil sidang menunjukkan tingginya kepercayaan kreditur terhadap proses yang sedang dijalankan. Hal ini tercerin dalam hasil voting PKPU, yang menunjukkan hasil maksimal.

"Confidence voting, targetnya 61%, kita naikan 70%, ujungnya hasilnya 97%. Ini menjadi kekuatan hukum yang mengikat," ungkap Erick.

Sebagai langkah awal, pemerintah akan segera menggelontorkan suntikan dana atau Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk Garuda Indonesia sebesar Rp 7,5 triliun. Kemudian secara strategis bisnis, Garuda akan memfokuskan diri kepada penerbangan rute domestik.

Sementara untuk rute internasional, Erick akan meminta Garuda membatasi penerbangan untuk melayani pelanggan dengan kegiatan ibadah umroh dan haji, serta pesawat kargo.

"Dulu 70% rute internasional semuanya rugi. Ngapain kita bisnis gaya-gayaan? Lebih baik kita memperbaiki domestik kita yang sangat besar marketnya," ungkap Erick.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement