Panja DPR Bahas Investasi Telkomsel di GoTo, Upaya Pansus Tetap Jalan

Image title
29 Juni 2022, 19:16
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (kiri)
ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz
Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto (kiri)

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi III terus menggulirkan upaya pembentukan Panitia Khusus (Pansus) terkait investasi PT Telkom Indonesia, Tbk. (TLKM) melalui anak usahanya, PT Telkomsel, kepada PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk. (GOTO). Padahal, manajemen Telkom bersama Telkomsel sudah memberikan penjelasan dan verifikasi perihal masalah tersebut kepada komisi lain di DPR.

Seperti diketahui, Komisi VI DPR sudah membentuk Panitia Kerja (Panja) Investasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Perusahaan Digital, yang sedang menelusuri persoalan yang sama. 

Advertisement

Menanggapi adanya Panja dan Pansus yang mengusut persoalan investasi Telkom ke GoTo ini, Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto, menjelaskan bahwa Pansus Investasi GoTo akan memiliki irisan kerja dengan Panja, tetapi secara substansi keduanya akan menelusuri hal yang berbeda.

“Pasti ada beririsan dengan hukumnya. Kalau di Komisi VI kebijakan korporasinya. Kebijakan korporasinya kan bisa diserap oleh Pansus,” katanya kepada para wartawan di Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Rabu (29/6).

Terkait dengan tingkat kepentingannya, Bambang mengungkapkan adanya kejanggalan terkait penurunan harga saham saat GoTo mengajukan Initial Public Offering (IPO). Bambang pun menduga terjadi permainan di balik investasi GoTo oleh Telkomsel. 

“Mungkin terhadap aksi korporasinya tidak masalah, tetapi terhadap dampak hukumnya patut diduga. Patut diduga ini sebuah game,” ujarnya.

Bambang juga menyebutkan adanya dugaan conflict of interest atau konflik kepentingan yang melibatkan para pihak yang berada di balik terjadinya kesepakatan investasi ini. 

Dari langkah strategi bisnis tersebut, Bambang menduga terjadi penyalahgunaan wewenang untuk memperkaya diri sendiri sehingga mengakibatkan kerugian negara.

Bambang menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyiapkan struktur Pansus untuk disahkan dalam Rapat Paripurna DPR mendatang.

“Nama-nama yang disusun sudah ada. Kalau nanti dimasukkan, paripurna tanggal 7 (Juli) ya bisa,” jelasnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement