Profil PT Duta Palma Group, Tersangkut Kasus Korupsi dan Pemilik DPO

Aryo Widhy Wicaksono
30 Juni 2022, 10:58
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyampaikan keterangan pers di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (27/6/2022).
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menyampaikan keterangan pers di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menyidik perkara dugaan tindak pidana korupsi PT Duta Palma Group di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Perusahaan ini diduga telah menyerobot lahan seluas 37 ribu hektar, tanpa dokumen resmi dari negara.

Dalam kasus ini, Jaksa Agung ST Burhanudin menjelaskan bahwa salah satu alasannya mengusut kasus ini adalah karena pemilik PT Duta Palma Group, yaitu Surya Darmadi, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bahkan, selama menjadi buronan, dia masih dapat menikmati keuntungan dari perusahaannya. ""Selama DPO, perusahaan ini menggunakan profesional, tetapi keuangannya langsung dikirim ke mana orang DPO itu berada," jelas Burhanudin saat konferensi pers di kantornya, Senin (27/6).

Berdasarkan penelusuran, Surya Darmadi diketahui sebagai pemilik dari PT Duta Palma/ PT Darmex Group. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Palma Tower, yang berlokasi di Jl. RA Kartini, TB Simatupang, Jakarta Selatan. Gedung ini dibangun oleh salah satu anak usaha PT Duta Palma Group, PT Wanamitra Permai, dan mulai beroperasi sejak 2014.

Bangunan ini telah digeledah tim penyidik Kejaksaan Agung, bersama beberapa kantor perusahaan yang bernaung di bawah PT Duta Palma Group, yaitu Kantor PT Duta Palma Nusantara di Pekanbaru, Kantor PT Palma Satu, PT Panca Agro Lestari, PT Seberida Subur, dan Banyu Bening Utama.

Berdasarkan akun resmi di Linkedin, PT Darmex Agro berdiri di Jakarta pada 1987 dan menjadi salah satu kelompok budidaya, produksi, pengekspor kelapa sawit di Indonesia.

Perusahaan ini terus berkembang dengan mendirikan pabrik dan penyulingan dengan perkebunan di kawasan Riau dan Kalimantan.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...