Kapten Boy Awalia: Pilot Citilink yang Dikenal Memiliki Dedikasi

Aryo Widhy Wicaksono
22 Juli 2022, 17:20
Ilustrasi, pesawat berbadan lebar Airbus A330-900 NEO yang didatangkan Citilink Indonesia.
citilink indonesia
Ilustrasi, pesawat berbadan lebar Airbus A330-900 NEO yang didatangkan Citilink Indonesia.

Pesawat Citilink rute Surabaya-Makassar dengan nomor penerbangan QG 307, pada Kamis (21/7) melakukan pendaratan darurat di Bandara Juanda, setelah sekitar 15 menit mengudara.

Pendaratan darurat terpaksa dilakukan karena pilot utama, Kapten Boy Awalia Asnil tak sadarkan diri dan pada akhirnya dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit.

Advertisement

Jenazah Capt. Boy Awalia telah dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Kamis (21/7) malam. Jenazah dikebumikan sekitar pukul 20.30 WIB setelah sebelumnya disalatkan di masjid yang tak jauh dari rumah duka di Duren Sawit, Jakarta Timur.

  • Sosok Boy Awalia

Berdasarkan penelusuran, pria kelahiran 1974 ini menempuh pendidikan penerbangan di Ardmore Flying School of New Zealand. Setelah lulus, Boy kemudian merintis karir di dunia penerbangan sejak 1994.

Selama 28 tahun karirnya di dunia dirgantara, ia telah mengenyam beragam pengalaman dengan bekerja pada beberapa maskapai ternama. Boy mengawali karirnya di Merpati Airlines, dan selanjutnya ke Malaysia Airline sebagai Senior First Officer.

Baru pada 2008, kiprah Boy Awalin sebagai pilot utama dimulai, dengan bekerja di Sriwijaya Air. Setelah sekitar delapan bulan, Capt. Boy melanjutkan karirnya menjadi pilot untuk AirAsia pada Mei 2009. Lalu, setahun kemudian, pada 2010, almarhum kembali memilih pindah maskapai, dan bekerja untuk Lion Air.

Mengabdi selama enam tahun di Lion Air, pada 2016, Boy kembali memutuskan pindah, kali ini ke perusahaan milik negara, yakni maskapai Citilink.

Boy meninggalkan dua putra dan seorang istri yang ia nikahi pada 28 April 2020.

Menurut Direktur Utama Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai, Kapten Boy memiliki dedikasi tinggi saat bertugas. "Kami Manajemen Citilink mengucapkan turut bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian pilot kami, yang selama ini dikenal sangat baik dan memiliki dedikasi yang tinggi selama bertugas."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement