Penuhi Hak Anak, Kemenkes Transformasi Layanan Primer

Aryo Widhy Wicaksono
23 Juli 2022, 20:29
Petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) menimbang berat badan bayi saat imunisasi di Puskesmas Karawaci Baru, Kota Tangerang, Banten, Rabu (13/5/2020).
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Petugas menggunakan alat pelindung diri (APD) menimbang berat badan bayi saat imunisasi di Puskesmas Karawaci Baru, Kota Tangerang, Banten, Rabu (13/5/2020).

Untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diselenggarakan setiap 23 Juli, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berkomitmen melakukan transformasi dalam layanan primer.

Transformasi layanan primer berfokus pada upaya promotif dan preventif untuk memastikan anak tetap sehat dan terhindar dari pandemi selanjutnya, atau terhadap penyakit yang sedang beredar di masyarakat.

Advertisement

"Tujuannya adalah untuk menciptakan orang yang sehat dengan menggerakkan langkah-langkah preventif," ucap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan resmi, Sabtu (23/7).

Program utama dalam penguatan upaya preventif di layanan primer dilakukan melalui penambahan imunisasi rutin dari 11 menjadi 14 vaksin. Adapun penambahan 3 imunisasi adalah:

  • Vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV). 

Vaksin PCV bertujuan mencegah penyakit radang paru, radang selaput otak, serta radang telinga yang disebabkan bakteri Pneumokokus.

  • Vaksin Rotavirus

Vaksin Rotavirus untuk mencegah diare berat dan komplikasinya yang disebabkan oleh virus Rota.

  • Vaksin Human Papilloma Virus (HPV)

Vaksin HPV untuk mencegah kanker leher rahim (kanker serviks) pada wanita.

Selain itu, memantau tumbuh kembang anak di posyandu dengan alat antrometri terstandar.

Program utama Kemenkes ini merupakan bagian dari upaya memberikan perlindungan kepada anak bangsa untuk menuju Indonesia maju.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement