Lebih 220 Ribu Kendaraan Daftar MyPertamina, 80% Pengguna Pertalite

Aryo Widhy Wicaksono
23 Juli 2022, 21:26
Petugas melayani pembelian bahan bakar minyak di SPBU Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022).
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Petugas melayani pembelian bahan bakar minyak di SPBU Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022).

Memasuki pekan keempat masa pendaftaran aplikasi MyPertamina, PT Pertamina (Persero) mencatat lebih dari 220 ribu kendaraan telah tersimpan di database mereka. Data ini terkumpul berdasarkan masyarakat yang mendaftar di booth pendaftaran yang terletak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), website subsiditepat.mypertamina.id, maupun melalui aplikasi MyPertamina.

"Dari total ini, hampir 80% kendaraan yang didaftarkan adalah jenis kendaraan yang mengkonsumsi Pertalite, sisanya adalah pengguna Solar Subsidi," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, dalam keterangan resmi, Sabtu (23/7).

Advertisement

Menurut Irto, masyarakat yang mendaftarkan kendaraannya pada Program Subsidi Tepat tidak terbatas hanya pada kota atau kabupaten yang secara resmi telah dibuka periode pendaftarannya, tetapi tersebar dari seluruh provinsi di Indonesia. Melihat tingginya pendaftar dari seluruh wilayah, Pertamina Patra Niaga beberapa waktu lalu telah memperluas wilayah pendaftaran hingga 50 kabupaten/kota.

Melihat dukungan dari masyarakat dalam mewujudkan penyaluran BBM subsidi agar lebih tepat sasaran, Pertamina Patra Niaga secara bertahap akan terus memperluas wilayah Program Subsidi Tepat. "Perluasan ini tentu dibarengi dengan evaluasi, bagaimana kesiapan sistem, serta kesiapan di lapangan dalam menentukan wilayah mana yang akan menjalankan Program Subsidi Tepat,” terangnya.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendaftarkan kendaraannya, ke depannya Pertamina Patra Niaga juga terus memastikan kesiapan di lapangan dalam bentuk booth pendaftaran langsung untuk membantu dan mempermudah akses. Di booth ini masyarakat yang ingin mendaftarkan kendaraannya akan dibantu pengisian data serta dokumen pendukungnya.

“Jadi tak perlu khawatir, booth pendaftaran langsung akan tetap disediakan untuk mempermudah masyarakat yang tidak memiliki handphone atau akses internet,” ungkap Irto.

Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina sangat mengapresiasi masyarakat yang telah mendukung Program Subsidi Tepat Sasaran, dan memastikan bahwa proses pendaftaran masih dibuka.

Irto memastikan, saat ini pembelian Pertalite dan Solar Subsidi masih berlaku seperti biasa dan belum ada pembatasan. Nantinya, Program Subsidi Tepat Sasaran ini akan disinergikan dengan regulasi penetapan penyaluran BBM subsidi yang ditentukan pemerintah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement