Istri Ferdy Sambo Tidak Kooperatif, LPSK Berpotensi Tolak Perlindungan

Aryo Widhy Wicaksono
10 Agustus 2022, 18:35
Tim dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) meninggalkan kediaman istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Tim dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) meninggalkan kediaman istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) telah memeriksa istri Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi. Dia mengajukan permohonan perlindungan fisik kepada LPSK, terkait kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas suaminya, di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat (8/7) awal bulan lalu.

Usai pemeriksaan, LPSK menyatakan Putri tidak bekerja sama dengan baik, saat memberikan keterangan kepada instansi tersebut.

"LPSK merasa, ya memang kurang kooperatif ibu ini," kata Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo, di Jakarta, Rabu (10/8) seperti dikutip Antara.

Hasto mengatakan LPSK telah dua kali bertemu langsung dengan Putri untuk melakukan asesmen dan investigasi terkait kasus kematian Brigadir Yoshua. Namun, pada dua pertemuan tersebut, Putri tidak memberikan keterangan apa pun kepada LPSK.

Oleh karena itu, jika Putri tetap tidak kooperatif, maka LPSK berpotensi membatalkan permohonan perlindungan yang telah diajukannya beberapa waktu lalu.

Hasto menjelaskan, apabila nanti permohonan perlindungan yang diajukan ditolak LPSK, dan Putri pada kemudian hari merasa membutuhkan perlindungan, dia masih dapat mengajukan permohonan kembali. "Ya bisa ajukan lagi," ujar Hasto.

Sementara itu, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga tengah menunggu konfirmasi untuk meminta keterangan dari Putri serta Ferdy Sambo.  Sebelumnya Komisioner Komnas HAM Choirul Anam berharap lembaganya bisa mendapatkan atau meminta keterangan langsung dari Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Jumat (11/8).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...