Sepak Terjang Hasnaeni Moein Alias 'Wanita Emas' dalam Dunia Politik

Aryo Widhy Wicaksono
23 September 2022, 18:50
Hasnaeni Moein, tersangka kasus korupsi penyimpangan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020.
Instagram
Hasnaeni Moein, tersangka kasus korupsi penyimpangan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020.

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical, Hasnaeni Moein atau yang dikenal dengan sebutan 'Wanita Emas', sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan atau penyelewengan penggunaan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020.

Kasus dugaan korupsi ini diduga menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 2,5 triliun. Dalam kasus ini, Hasnaeni diduga membuat dokumen penagihan fiktif dan kontrak pengadaan fiktif material batu split.

Berdasarkan penelusuran, perempuan bernama lengkap Mischa Hasnaeni Moein ini diketahui sudah lama berkecimpung dalam bidang konstruksi dan energi. Bahkan sempat terjun ke dunia hiburan dengan membintangi sinetron Jin dan Jun, serta Saras 008.

Profil Wanita Emas

Hasnaeni Wanita Emas
Hasnaeni Wanita Emas (Katadata)

 

Lahir di Makasar pada 17 Juli 1976, Hasnaeni mendapatkan gelar sarjana Ekonomi dan Magister Manajemen dari Universitas Krinsa Dwipayana. Selanjutnya dia meraih gelar doktoral ilmu ekonomi dari Universitas Merdeka Malang pada 2013.

Sambil menyelsaikan studinya, Wanita Emas sudah tercatat sebagai komisaris di dua perusahaan, yakni PT. Misi Mulia Production dan PT Misi Mulia Petronusa.

Akan tetapi, nama Hasnaeni awalnya mulai dikenal publik setelah menggunakan jargon kampanye Wanita Emas, ketika mengikuti kontestasi politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012. "Hj. Hasnaeni, SE. MM: Wanita Emas, Mengubah Sampah Menjadi Emas”, begitu slogannya yang kala itu sempat menjadi perbincangan publik.

Meski slogannya menjadi perbincangan publik, Hasnaeni gagal untuk maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Pada 2017, dia berupaya kembali mencalonkan diri, tetapi kembali gagal.

Sebelum mencoba peruntungan di DKI Jakarta, Wanita Emas juga sempat mencoba untuk maju memimpin daerah Tangerang Selatan. Bahkan Hasnaeni sudah memilih berpasangan dengan Saiful Jamil. Akan tetapi rencana ini kandas karena tak ada partai politik yang mendukung.

Putri Sulung dari Politikus dengan Banyak Skandal

Kegemarannya terhadap dunia politik terinspirasi dari ayahnya, yaitu politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Max Moein.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...