PSSI Dukung Investigasi Tragedi Kanjuruhan, Setop Sementara Liga 1

Aryo Widhy Wicaksono
2 Oktober 2022, 14:52
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan
Antara/H Prabowo/pras
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Kericuhan suporter usai duel Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada perhelatan BRI Liga 1, Sabtu (1/10) malam di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, telah meninggalkan duka bagi berbagai pihak.

Tragedi ini menyebabkan sedikitnya 127 korban jiwa yang tercatat kepolisian. Meski beberapa sumber lain menyebutkan jumlahnya lebih tinggi. Media asing mencatat korban jiwa mencapai 129, sedangkan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mendapatkan informasi bahwa jumlahnya sudah 153 orang.

Menanggapi peristiwa ini, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, menyatakan PSSI telah membentuk tim investigasi untuk mengusut persoalan ini.

PSSI juga akan mendukung penyelidikan yang dilakukan kepolisian terhadap tragedi ini dan memutuskan untuk menghentikan sementara kompetisi kasta tertinggi sepakbola tanah air.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan selama satu pekan. Selain itu, tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," ujarnya dalam pernyataan resmi di situs resmi PSSI, Minggu (2/10).

Ketum PSSI terus berkoordinasi dengan pihak internal PSSI, dan juga aparat penegak hukum dan panitia pertandingan Arema FC.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...