Kapolri Sebut Korban Tewas di Stadion Kanjuruhan 125 Orang

Aryo Widhy Wicaksono
2 Oktober 2022, 22:57
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo langsung berangkat meninjau Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Kapolri melihat langsung lokasi terjadinya kerusuhan setelah pertandingan BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya.

Pada kesempatan ini, Sigit menegaskan Polri akan menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan terjadinya peristiwa tersebut. Sigit menekankan, timnya telah dikerahkan untuk mengusut tuntas proses penyelenggaraan dan pengamanan pertandingan tersebut, sekaligus melakukan investigasi terkait peristiwa kerusuhan ini. 

Advertisement

"Saat ini saya telah mengajak tim dari Mabes Polri terdiri dari Bareskrim, Propam, Sops, Pusdokes, Inafis, Puslabfor untuk melakukan langkah-langkah terkait pendalaman terhadap investigasi yang kami lakukan," ujar Sigit di lokasi, Minggu (2/10), seperti dikutip dari Antara.

Sigit pun menjelaskan bahwa, tim Disaster Victim Identification (DVI) langsung melakukan proses identifikasi terhadap seluruh korban dalam insiden tersebut.

Menurut Sigit, berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, jumlah korban meninggal dunia akibat peristiwa tersebut sekarang berjumlah 125 orang. "Hasil pengecekan verifikasi Dinkes jumlahnya 125, tadi 129, karena ada tercatat ganda," papar Sigit.

Beberapa lembaga pemerintah mencatatkan jumlah korban tewas berbeda-beda, Kementerian Kesehatan menyatakan jumlahnya mencapai 129 orang, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Malang, menyebut jumlahnya telah mencapai 174 korban tewas. Tetapi  Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mendapatkan informasi bahwa jumlahnya terhitung hingga 153 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement