FIFA Janjikan Jokowi Transformasi Sepak Bola Indonesia

Andi M. Arief
18 Oktober 2022, 16:46
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Presiden Induk Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat untuk melakukan tran
Katadata / Andi
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Presiden Induk Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat untuk melakukan transformasi menyeluruh sepak bola Indonesia serta memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan FIFA.

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Joko Widodo bertemu di Istana Negara untuk membahas industri sepak bola nasional. Kedua tokoh melakukan pembicaraan selama 120 menit, dan membicarakan beragam topik seputar sepak bola. Salah satunya mengarah kepada pembahasan tindak lanjut dari Tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

Tragedi tersebut telah menewaskan setidaknya 133 Aremania, suporter Arema FC, usai pertandingan melawan Persebaya Surabaya pada Sabtu (18/10).

Awalnya, Kepala Negara melakukan diskusi tertutup berdua dengan Infantino selama 30 menit. Setelah itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, serta beberapa jajaran pendamping Infantino turut mengikuti diskusi tersebut untuk 90 menit selanjutnya.

"Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (18/10).

Pada kesempatan ini, Infantino mengatakan FIFA menyampaikan rasa belasungkawa terhadap korban Tragedi Kanjuruhan. Menurutnya, tragedi tersebut merupakan hari tergelap dalam dunia sepak bola.

Infantino menjamin kehadiran FIFA di Indonesia akan menjadi tahapan baru bagi industri sepak bola tanah air. Infantino juga memastikan FIFA akan bekerja sama dengan pemerintah secara dekat, untuk mendampingi langkah proses transformasi industri sepak bola nasional.

"FIFA ada di sini bersama Anda, FIFA di sini untuk tinggal. Sepak bola adalah untuk sukacita dan untuk membawa kebahagiaan," kata Infantino.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...