Ratusan Orang Unjuk Rasa di Jakarta Pusat, Dari Mahasiswa sampai FPI

Andi M. Arief
4 November 2022, 12:01
Ilustrasi Demonstrasi mahasiswa Foto: Antara
Antara
Ilustrasi Demonstrasi mahasiswa Foto: Antara

Kepolisian mencatat adanya 13 rencana demonstrasi di 11 lokasi kawasan di Jakarta Pusat pada hari ini, Jumat (4/11). Unjuk rasa tersebut akan digelar mahasiswa hingga Front Persaudaraan Islam atau FPI.

Demonstrasi dengan massa terbanyak dijadwalkan terjadi pada pukul 13.00 WIB di depan Patung Kuda Indosat. Diperkirakan jumlah demonstran akan mencapai 750 orang yang berasal dari Gerakan Nasional Pembela Rakyat atau GNPR.

"Pimpinan Sdr. Ir. Verry Koestanto akan melaksanakan aksi unjuk rasa dengan tuntutan turunkan harga bahan bakar minyak, turunkan harga-harga, dan tegakkan keadilan hukum," seperti tertulis dalam keterangan resmi, Jumat (4/11).

Adapun, GNPR merupakan gabungan dari beberapa organisasi masyarakat, yakni Presidium Alumni 212, FPI, Ikatan Keluarga Besar Universitas Indonesia, Pejabat, 411,Juklak, FMS, GBN, KPIB, ARM, dan Bang Japar.

Secara umum total peserta demonstrasi sepanjang hari ini diperkirakan mencapai 900 orang. Kegiatan demonstrasi pertama akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, sedangkan demonstrasi terakhir dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB. 

Pada pukul 10.00 WIB, terjadwal 4 kegiatan demonstrasi di tiga lokasi berbeda, yakni di depan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK, Kementerian Perhubungan atau Kemenhub, dan Kantor Bank BRI di Jl. Jend. Sudirman.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...