Orang Terkaya Ketiga Cina Optimis Inovasi Bikin Energi Hijau Murah

 Zahwa Madjid
13 November 2022, 16:09
Chairman and Founder CATL Zeng Yuqun menyampaikan paparan saat Summit Opening Panel dalam rangkaian B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa/nym.
Chairman and Founder CATL Zeng Yuqun menyampaikan paparan saat Summit Opening Panel dalam rangkaian B20 Summit Indonesia 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (13/11/2022).

Pendiri produsen baterai listrik asal Cina, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL), Zeng Yuqun alias Robin Zeng, menilai dunia masih sulit untuk menerapkan energi hijau secara menyeluruh dalam waktu dekat. Hal ini disebabkan teknologi dan infrastruktur untuk mewujudkan gaya hidup hijau masih mahal.

Meski begitu, pria yang dijuluki sebagai Elon Musk dari Cina ini mengaku optimistis, industri ini akan semakin terjangkau jika melihat perkembangan teknologi saat ini. Terutama dalam hal produksi baterai untuk kendaraan listrik, industri yang menjadi bidang usahanya sebagai produsen baterai listrik Tesla.

Advertisement

“Energi terbarukan sangat penting. Seperti baterai yang dapat memberdayakan keberlanjutan sosial dan ekonomi, Namun karena biaya tinggi, sulit untuk digunakan secara komersial,” kata Zeng saat menjadi pembicara pada B20 Summit, di Bali, Minggu (13/11).

Sejauh ini, CATL telah melakukan berbagai inovasi untuk menerapkan energi hijau. Seperti inovasi teknologi sodium-ion battery, lithium/sodium metal battery, dan rare metal-free battery

“Hal yang paling menantang adalah harga baterai mahal, orang tidak mampu membelinya.  Inovasi penting, apalagi dalam rantai pasokan. Jika kita bisa melakukan daur ulang, bahannya akan menjadi sangat murah. Jadi kita harus terus membuat hal-hal inovasi,” lanjut Zeng.

Dalam rangka memenuhi komitmen Net Zero Emission, orang terkaya ketiga di Cina ini merasa masih memerlukan dukungan dan kesabaran masyarakat. Sebab untuk mewujudkan sumber energi terbarukan, dunia masih memerlukan banyak penyesuaian.

Dia juga meyakini pembangunan berkelanjutan adalah tujuan abadi bagi umat manusia, dan hanya bersama-sama umat manusia akan menemukan jalan untuk mewujudkannya.

SUMMIT OPENING PANEL B20
SUMMIT OPENING PANEL B20 (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Agung Rajasa/nym.)

Indonesia Kaya Sumber Daya Energi Terbarukan

Satu hal yang digarisbawahi Zeng adalah mengenai ketersediaan sumber daya di Indonesia. "Perjalanan kita masih panjang. Ada banyak sumber energi terbarukan di Indonesia yang bisa digunakan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Founder Fortescue Future Industries dan Fortescue Metals Group, Andrew Forrest. Menurutnya Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, untuk mewujudkan infrastruktur energi terbarukan.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement