Tol Semarang - Demak Seksi 2 Dibuka Uji Coba, Waktu Tempuh 45 Menit

Aryo Widhy Wicaksono
13 November 2022, 17:09
Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022).
ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.
Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022).

Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 ruas Sayung-Demak mulai dibuka untuk tahap uji coba sejak kemarin (12/11). Jalur ini dapat menjadi alternatif untuk membantu mengurai kemacetan lalu lintas di jalur Pantura Jawa Tengah, sekaligus memangkas waktu perjalanan.

Umumnya perjalanan dari Semarang ke Demak rata-rata bisa menghabiskan waktu hingga 2 jam, tetapi melalui tol Seksi 2 diperkirakan dapat ditempuh dengan 45 menit.

Tol ini dibuka dengan menggunakan jadwal buka-tutup, yakni pagi pukul 06.00-10.00 WIB jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang melalui exit Tol Kadilangu. "Sedangkan pada sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung," kata Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP), Robby Sumarna, Minggu (13/11) seperti dikutip Antara.

Uji coba Jalan Tol Semarang-Demak ini akan berlangsung selama tiga pekan, hingga 2 Desember 2022 mendatang.

Menurutnya, uji coba ini dilakukan sesuai arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Ini permintaan Bapak Gubernur dan Pak Menteri PUPR," ujarnya.

Sebelumnya, Ganjar terus mencari solusi jalur alternatif untuk membantu mengurai kemacetan di jalur Pantura, terutama akibat pembangunan Jembatan Wonokerto.

"Ini harapan yang ditunggu-tunggu sebenarnya dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya. Jalan Tol Semarang-Demak diharapkan menjadi jalur untuk mengurai kemacetan," katanya seperti dikutip Antara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...