Hyundai dan Adaro Kerja Sama Jamin Pasokan Aluminium untuk Otomotif

Aryo Widhy Wicaksono
13 November 2022, 18:00
Kesepakatan kerja sama Hyundai Motor Company dan Adaro Minerals Indonesia untuk menjamin pasokan aluminium industri otomotif.
Katadata/ Adaro Minerals Indonesia
Kesepakatan kerja sama Hyundai Motor Company dan Adaro Minerals Indonesia untuk menjamin pasokan aluminium industri otomotif.

Hyundai Motor Company (HMC) dan PT Adaro Minerals Indonesia, Tbk. (AMI), sepakat untuk membangun kerja sama untuk menjamin pasokan aluminium, di tengah meningkatnya permintaan untuk manufaktur otomotif.

Kesepakatan ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang diteken Presiden dan CEO HMC, Jaehoon Chang, serta Presiden Komisaris AMI Garibaldi Thohir, di sela-sela forum B20 Summit di Bali, Minggu (13/11).

Untuk menjamin ketersediaan pasokan, kerja sama ini dilakukan untuk membentuk suatu sistem komprehensif dan koperatif, untuk produksi dan pasokan aluminium AMI melalui anak perusahaannya, PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI).

Poin-poin kerja sama dalam Nota Kesepahaman ini meliputi produksi dan pasokan aluminium yang diproduksi KAI dan HMC, berhak untuk membeli aluminium yang diproduksi KAI pada tahap awal.

Untuk selanjutnya, negosiasi pertama mengenai pembelian aluminium rendah karbon yang diproduksi KAI di masa mendatang, mencakup volume offtake yang belum ditentukan pada kisaran 50 ribu sampai 100 ribu tempat pemrosesan akhir (TPA).

"Hyundai Motor Company telah mulai mengoperasikan pabriknya di Indonesia, serta aktif bekerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang dimana perusahaan dapat bersinergi dalam industri otomotif ke depannya,” kata Jaehoon Chang melalui keterangan pers, Minggu (13/11).

Chang berharap kerja sama smelter aluminium ini akan memperkuat hubungan HMC dan Indonesia melalui sinergi yang lebih kuat.

 
MoU antara Hyundai dan Adaro
MoU antara Hyundai dan Adaro (Katadata/ Adaro Minerals Indonesia)

Aluminium Indonesia dipandang akan memiliki daya saing di masa depan. Aluminium hijau Indonesia tergolong produk berkarbon rendah yang diproduksi menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), sehingga merupakan sumber listrik ramah lingkungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...