Turut Rasakan Gempa M 6,4 di Garut, Warga Cianjur Panik Akibat Trauma

Aryo Widhy Wicaksono
3 Desember 2022, 18:51
Tangkapan layar dari akun Twitter @infoBMKG terkait gempa di Garut, Jawa Barat, berkekuatan 6,4 skala magnitudo, Sabtu (3/12).
Twitter @infoBMKG
Tangkapan layar dari akun Twitter @infoBMKG terkait gempa di Garut, Jawa Barat, berkekuatan 6,4 skala magnitudo, Sabtu (3/12).

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 yang berpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, turut dirasakan warga Cianjur. Warga yang masih trauma dengan bencana yang mereka alami pekan lalu, Senin (21/11), berhamburan keluar dari dalam rumah dan perkantoran menuju lapangan terbuka, setelah merasakan getaran kuat pada Sabtu (3/12) petang.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan magnitudo 6,4 ini berada pada posisi 7.51 lintang selatan, 107.52 bujur timur, atau 52 kilometer Barat Daya Garut dengan ke dalaman 118 kilometer. Gempa ini tidak berdampak tsunami, tetapi warga diimbau agar tetap waspada.

Menyitir laporan Antara, gempa di Garut ini turut dirasakan sekitar 10 detik di Garut. Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Fajar Aciana, mengatakan getaran gempa cukup keras. Hal ini juga membuat puluhan relawan yang bertugas mendata dan memberikan layanan kesehatan di Markas PMI Cianjur turut berhamburan keluar.

"Kami pikir gempa susulan kembali terjadi dengan lokasi Cianjur," katanya dikutip Antara, Sabtu (3/12).

Pihaknya langsung berkoordinasi dengan posko terpusat Pemkab Cianjur, terkait dampak gempa yang dirasakan sekitar 10 detik itu. PMI juga masih menangani dampak gempa yang terjadi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...