Alasan Menko Muhadjir Ralat Cuti Bersama 26 Desember 2022

Andi M. Arief
16 Desember 2022, 17:24
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Kemenko PMK menyatakan tidak ada keputusan cuti bersama pada 26 Desember 2022. Hal tersebut disampaikan setelah Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy, mengatakan ada cuti bersama pada tanggal tersebut di Kantor Polda Metro Jaya hari ini, Jumat (16/12).

"Ingatan saya dikacaukan oleh rencana cuti bersama tanggal 26 Desember tahun depan, 2023," kata Muhadjir kepada Katadata.co.id, Jumat (16/12).

Muhadjir mengatakan cuti bersama 2023 yang tersebut tertuang dalam surat keputusan bersama antara Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Agama, dan Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Secara total, pemerintah telah menetapkan tujuh hari sebagai cuti bersama pada 2023, salah satunya untuk merayakan Hari Raya Natal 2023.

Adapun, libur nasional pada Desember 2022 hanya tersisa satu hari, yakni 25 Desember 2022. Sementara itu, pemerintah menetapkan tidak ada cuti bersama pada akhir 2022. Meski begitu, Muhadjir mempersilakan jika ada yang ingin mengajukan cuti pribadi pada hari tersebut.

Di sisi lain, Muhadjir mengatakan pemerintah telah mempersiapkan hal-hal yang terkait dengan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, seperti lalu lintas, tempat wisata, dan infrastruktur. Muhadjir mengatakan koordinasi akan terus dilanjutkan di lapangan saat masa liburan berlangsung.

"Masing-masing kementerian dan lembaga telah menyampaikan paparan persiapan yang akan dilaksanakan dan kami akan terus melakukan koordinasi yang baik di dalam pertemuan-pertemuan lebih lanjut," ujar Muhadjir.

Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa sebanyak 44,17 juta orang Indonesia akan bepergian selama libur natal dan tahun baru atau nataru. Warga yang bepergian tersebut sebagian besar menggunakan mobil pribadi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...