Menteri ESDM Usul Insentif Konversi Motor Listrik Rp 9 Juta per Unit

Muhamad Fajar Riyandanu
23 Desember 2022, 19:07
Menteri ESDM Arifin Tasrif
Katadata
Menteri ESDM Arifin Tasrif

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengusulkan pemberian insentif konversi motor listrik, berada di angka Rp 7 - 9 juta per unit. Angka ini muncul dari hasil perhitungan kementerian ESDM, setelah melakukan survei mengenai kesanggupan masyarakat untuk melakukan transmutasi motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik.

Hasil survei itu menunjukkan bahwa kemampuan masyarakat untuk mengkonversikan motornya menjadi bertenaga listrik berada di angka Rp 5 juta per unit. "Kalau bisa lebih banyak, lebih bagus," kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/12).

Besaran subsidi yang diusulkan Arifin ini lebih tinggi daripada yang disampaikan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Sebelumnya pemerintah mengumumkan rencana pemberian  insentif senilai Rp 5 juta, untuk konversi motor BBM menjadi bertenaga listrik.

Menurut Arifin, konversi motor listrik merupakan langkah stategis untuk memelopori ekosistem rendah karbon pada sektor transportasi. Alasannya, populasi kendaraan roda dua berbahan bakar minyak telah mencapai 120 juta unit, terbesar di antara moda transportasi secara nasional. 

Selain itu, gerakan konversi motor listrik menurutnya juga mampu menekan pengeluaran negara lewat penurunan impor BBM.

"Jumlah 120 juta motor itu kalau konsumsi satu liter BBM itu sudah berapa? 800 ribu barel BBM kita impor per hari, kalau harga minyak mentah US$ 80 per barel itu sudah berapa?" ujar Arifin.

Sebelumnya, Arifin juga menilai besaran subsidi untuk konversi motor listrik sebesar Rp 5 juta terlalu kecil untuk menarik minat masyarakat agar mau mengonversi motor BBM mereka. Dia merasa nilainya lebih ideal jika nominal subsidi tersebut dipatok lebih tinggi, atau setidaknya mendekati harga motor baru. Di pasaran, harga motor listrik dijual pada kisaran Rp 12 juta-Rp 14 juta per unit.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...