Rusia Ambil Peluang Bisnis, Siap Suplai Kembali Gas ke Eropa

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Desember 2022, 12:43
Ilustrasi gas Uni Eropa vs Rusia
123rf.com
Ilustrasi gas Uni Eropa vs Rusia

Pemerintah Rusia dikabarkan segera melanjutkan pasokan gas ke Eropa melalui Jalur Pipa Yamal-Eropa, setelah sejak Agustus lalu menghentikan pasokan mereka melalui Pipa Nord Stream.

Wakil Perdana Menteri Rusia, Alexander Novak, mengatakan langkah pengaliran kembali gas Rusia ke Eropa ini merupakan strategi pemerintah untuk menggaet peluang bisnis gas di pasar Eropa. "Pasar Eropa tetap relevan, karena kekurangan gas terus berlanjut, dan kami memiliki setiap kesempatan untuk melanjutkan pasokan," kata Novak sebagaimana diberitakan Reuters pada Minggu, (25/12).

Novak melanjutkan, Moskow siap untuk melanjutkan pasokan gas melalui Pipa Yamal-Eropa yang sebelumnya juga dihentikan karena pertimbangan politik. Jalur Pipa Yamal-Eropa biasanya mengaliri gas ke wilayah barat Eropa seperti Polandia.

Namun, arah penyaluran di Jalur Pipa Yamal-Eropa belakangan diubah seiring keputusan Polandia untuk membeli gas yang disimpan oleh Jerman. Pada Mei, Polandia mengakhiri perjanjian jual-beli gas dengan Rusia, setelah menolak permintaan Moskow untuk membayar transaksi dalam mata uang rubel.

"Jalur Pipa Yamal-Eropa yang dihentikan karena alasan politik, masih belum digunakan," ujar Novak.

Sementara itu, perusahaan gas raksasa Rusia, Gazprom, menanggapi bahwa perusahaan tidak akan lagi dapat mengekspor gas melalui Polandia, setelah Moskow memberlakukan sanksi terhadap perusahaan Polandia yang memiliki bagian dari pipa Yamal-Eropa.

Novak juga menegaskan kembali, bahwa Moskow sedang mendiskusikan pasokan gas tambahan melalui Turki, setelah pembuatan hub di sana. Lebih lanjut, kata Novak, Moskow akan mengirimkan 21 miliar meter kubik (bcm) gas alam cair atau LNG ke Eropa pada 2022.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...