Target Serapan Dana Pembangunan IKN Nusantara Capai Rp 30 T Tahun Ini

Andi M. Arief
14 Januari 2023, 08:08
Lahan Istana Presiden di IKN Nusantara, di Penajam Paser, Kalimantan Timur pada Jumat (23/12).
Yura Syahrul/Katadata
Lahan Istana Presiden di IKN Nusantara, di Penajam Paser, Kalimantan Timur pada Jumat (23/12).

Pemerintah menargetkan penyerapan dana pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara melalui pekerjaan proyek terkontrak, mencapai sekitar Rp 30 triliun pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, hingga Januari 2023, total kontrak pekerjaan IKN Nusantara yang telah diteken mencapai Rp 25 triliun.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara, Danis Sumadilaga, mengatakan seluruh serapan dana tersebut akan digunakan untuk kontrak infrastruktur dasar, yang menjadi komitmen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR.

"Total serapan dana mungkin Rp 25 triliun yang telah terkontrak dari 29 paket kontrak," kata Danis di IKN Nusantara, Jumat (13/1).

Sebagai informasi, total alokasi yang digunakan oleh Kementerian PUPR untuk pembangunan IKN Nusantara hingga 2024 mencapai Rp 43 triliun.

Berdasarkan paparan Danis, terdapat lima proyek IKN Nusantara yang belum terkontrak, mayoritasnya adalah pada proyek bidang cipta karya atau bangunan gedung. Salah satu proyek yang dimaksud adalah pembangunan Drainase Utama Daerah Aliran Sungai Sanggai 1B senilai Rp 502 miliar.

Sementara dari 29 proyek yang telah terkontrak, 19 proyek di antaranya telah dimulai pengerjaannya. Mayoritas kontrak tersebut diteken pada kuartal III-2022, dan proses pengerjaannya start sejak Oktober 2022. Di dalamnya, termasuk seluruh proyek konektivitas data.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...