Erupsi Semeru Tak Ganggu Lalu Lintas Pesawat ke Lombok

Aryo Widhy Wicaksono
14 Januari 2023, 14:00
Ilustrasi Gunung Semeru
ANTARA FOTO/Seno/tom.
Ilustrasi Gunung Semeru

Gunung Semeru di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), kembali erupsi dengan ketinggian asap mencapai 500 hingga 1.000 meter pada Jumat (13/1).

Melihat tingginya kepulan erupsi gunung tersebut, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyatakan aktivitas penerbangan di bandara tidak terdampak abu vulkani dari Gunung Semeru. "Sampai saat ini belum ada dampak," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Haryanto di Praya, Sabtu (14/1) seperti dikutip dari Antara.

Aktivitas penerbangan, baik domestik maupun internasional, dari Bandara Lombok ke arah barat berjalan seperti biasa, tanpa ada penundaan penerbangan. "Penundaan penerbangan tidak ada, semua normal," jelasnya.

Menurutnya, mobilisasi penumpang di Bandara Lombok secara rata-rata masih berada di angka 5.300 penumpang per hari selama Januari ini.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menjelaskan terjadi empat kali letusan dari Semeru, dan terlihat adanya kepulan asap putih yang bergerak ke arah utara dan barat daya. 

"Tinggi asap sekitar 500-1.000 meter," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Jumat (13/1) seperti dikutip Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...