Iran Eksekusi Mati Mantan Wakil Menteri Atas Tuduhan Mata-mata Inggris

Aryo Widhy Wicaksono
14 Januari 2023, 17:27
Mantan Wakil Menteri Pertahanan Iran, Alireza Akbari
Wikipedia Common
Mantan Wakil Menteri Pertahanan Iran, Alireza Akbari

Iran telah mengeksekusi mati mantan wakil menteri pertahanan, Alireza Akbari, atas tuduhan menjadi mata-mata untuk Inggris. Pelaksanaan hukuman mati tersebut menurut pengadilan dilakukan Sabtu (14/1) pagi tadi.

Mengutip laporan Reuters, kantor berita pengadilan Iran, Mizan, hanya mengungkap pelaksanaan eksekusi tanpa memberikan informasi rinci mengenai waktu dan lokasinya.

Pelaksanaan ekskusi ini lantas mendapatkan kecaman dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Seperti dikutip Reuters, Sunak pada Sabtu (14/1) menyebut aksi ini sebagai "tindakan tidak berperasaan dan pengecut, yang dilakukan oleh rezim biadab tanpa menghormati hak asasi manusia rakyatnya sendiri".

Kecaman ini disampaikan karena Inggris telah memberikan hak kewarganegaraan kepada Akbari, sehingga ia memiliki kewarganegaraan ganda, Inggris dan Iran. Akan tetapi, Pemerintah Iran tidak mengakui adanya kewarganegaraan ganda bagi warga mereka.

Inggris juga menyebut kasus terhadap Akbari memiliki motivasi politik, sehingga senantiasa mendesak Iran agar mau membebaskannya. pada Jumat (13/1) malam, Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, mengatakan Iran tidak boleh menindaklanjuti hukuman mati kepada Akbari. Sebuah seruan yang mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat. Meski begitu, eksekusi tetap dilakukan di tengah desakan Inggris tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...