Daftar 9 Nama Calon Anggota KPI Pusat Periode 2022-2025

Ade Rosman
24 Januari 2023, 17:53
Logo Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Logo Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyepakati sembilan nama calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) periode 2022-2025.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengatakan nama para calon diputuskan setelah pihaknya menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test, terhadap 27 calon anggota KPI pada 18-19 Januari 2023 lalu.

"Komisi I DPR melaksanakan rapat intern hari ini untuk memutuskan sembilan calon anggota KPI Pusat periode 2022-2025 berdasarkan musyawarah untuk mufakat," kata Meutya, seperti yang disiarkan di kanal YouTube DPR RI, Selasa (24/1).

Berikut sembilan nama calon anggota KPI pusat periode 2022-2025:

1. Aliyah, pekerjaan tenaga ahli di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.
2. Amin Shabana, founder dan Direktur On Point Communications, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta
3. Evri Rizqi Monarsih, pekerjaan Produser Senior Metro TV.
4. I Made Sunarsa, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Bali.
5. Mimah Susanti, Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.
6. Mohammad Reza, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.
7. Muhammad Hasrul Hasan, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Selatan
8. Tulus Santoso, pekerjaan Dosen Institut STIAMI dan tenaga ahli DPR RI.
9. Ubaidillah, program manajer Program Penguatan Ketangguhan Masyarakat dalam Menghadapi Covid-19 dan Bencana Alam (PKMM-CBA) SIAP SIAGA.

Menurut Meutya, dalam memilih nama-nama para calon, Komisi I DPR turut mempertimbangkan aspek keberagaman. "Ini mempertimbangkan juga 30% (keterwakilan) perempuan, sehingga dari sembilan calon ada tiga perempuan," kata Meutya.

Selain itu, ia juga mengatakan Komisi I bersepakat untuk memilih enam nama untuk menjadi calon cadangan komisioner KPI periode 2022-2025, mereka adalah:

1. Mulyo Hadi Purnomo, Komisioner (Wakil Ketua) Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.
2. Tantri Relatami, pekerjaan Tenaga Profesional Lemhannas RI
3. Cecep Suryadi, Komisioner Komisi Informasi Pusat.
4. Ida Fitri Halili, Kepala Biro iNews Kendari
5. Gustav Aulia, founder Head of Trainer and Consultant Gustav Aulia Strategic Communications Consulting dan dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR.
6. Bondan Kartiko, Pimred Zona Banten Pikiran Rakyat Media Network.

Selanjutnya, kata Meutya, pihaknya akan menyampaikan nama para calon tersebut kepada Badan Musyawarah (Bamus) untuk dititipkan dalam Rapat Paripurna DPR RI, sesuai dengan amanah pasal 227 ayat (2) Tatib DPR RI.

Lebih jauh, Meutya mengatakan, komisi I DPR RI berharap agar anggota KPI Pusat periode 2022-2025 terpilih nantinya mampu menjaga integritas dan profesionalitas dalam melaksanakan fungsi, wewenang, dan kewajiban KPI.

"Komisi I DPR RI menekankan pentingnya tugas dan fungsi KPI agar lebih inovatif, adaptif, lincah atau agile dalam membumikan program-program," ungkap Meutya.

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait