Gibran Belum Minat Pimpin Jawa Tengah, Kaesang Ingin Terjun ke Politik

Aryo Widhy Wicaksono
24 Januari 2023, 18:43
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Ketua Pelaksana Asean Para Games 2022 Gibran Rakabuming Raka (kanan) di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) dan Ketua Pelaksana Asean Para Games 2022 Gibran Rakabuming Raka (kanan) di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022).

Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 yang semakin dekat, memunculkan beragam nama calon kepala daerah potensial. Salah satu isu yang tengah mencuat adalah kans putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, untuk menjadi calon Gubernur Jawa Tengah.

Menanggapi isu tersebut, Gibran yang kini masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah, menyebut dirinya tidak ingin memaksakan diri saat ini. "Saya tidak ngotot mau kemana-mana, fokus dulu di kerjaan di sini," katanya di Solo, Selasa (24/1) seperti dikutip Antara.

Ia mengaku masih memiliki banyak pekerjaan dan tugas untuk melanjutkan kepemimpinan Wali Kota Solo sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo. 

"Tugas-tugas dari Pak Rudy untuk saya masih banyak, menyelesaikan itu dulu saja. Salah satunya Sriwedari (penataan Taman Sriwedari)," ujarnya.

Meski begitu, terkait dengan kesiapan untuk menghadapi Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024 nanti, Gibran tetap akan mengikuti perintah partai.

"Saya siap dengan perintah partai, bukan berarti saya mau nyagub (mencalonkan diri sebagai gubernur)," jelasnya.

Sebelumnya, nama Gibran menjadi tokoh terkuat untuk memimpin Jawa Tengah pada Pemilu Serentak 2024 mendatang. Berdasarkan survei lembaga Charta Politika pada Oktober tahun lalu, Gibran menempati urutan pertama dengan perolehan 37,3 persen suara.

Elektabilitas tersebut jauh di atas nama para calon lainnya. Sebab, pada urutan kedua, nama Taj Yasin Maimoen memiliki elektabilitas 12,5 persen. Sedangkan Hendrar Prihadi di posisi ketiga mendapatkan keterpilihan 7,7 persen.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...