7 Fakta Hilangnya Dosen UII Ahmad Munasir Rafie

Aryo Widhy Wicaksono
19 Februari 2023, 22:39
Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen yang dilaporkan hilang kontak setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia. (ANTARA/HO-Humas UII)
ANTARA/HO-Humas UII
Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen yang dilaporkan hilang kontak setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia. (ANTARA/HO-Humas UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya menemukan dosen mereka, Ahmad Munasir Rafie Pratama yang menghilang setelah melakukan perjalanan ke Norwegia. Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII ini pergi ke Norwegia pada 4 Februari 2023, dan saat ini keberadaannya masih menjadi misteri.

Dia pergi ke Oslo, Norwegia, bersama empat rekannya sesama akademisi UII, termasuk rektor UII Fathul Wahid. Perjalanan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi tugas kampus menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).

Ahmad Munasir seharusnya kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2) lalu. Akan tetapi, setelah berkomunikasi dengan istrinya pada Minggu (12/2) pekan lalu, ia menghilang tanpa memberikan kabar mengenai posisinya.

Berdasarkan penelusuran berbagai pihak, terdapat tujuh informasi yang terungkap mengenai posisinya sejauh ini.

1. Terkonfirmasi Meninggalkan Oslo

Menurut Rektor UII, sehari sebelum keberangkatannya dari Oslo, ia sempat bertemu dengan Ahmad Munasir pada Sabtu (11/2) malam.

Setelah selesai aktivitas di USN, tim UII dijadwalkan pergi meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo pada Minggu (12/2).

Tim terbagi ke dalam tiga penerbangan berbeda. Ahmad Munasir bepergian seorang diri dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki.

Kedutaan Besar RI di Oslo memastikan bahwa Amhad Munasir tak lagi berada di Norwegia. Hal ini berdasarkan informasi dari kepolisian setempat, yang mengungkap catatan imigrasi di Bandara Oslo menunjukkan Ahmad Munasir tidak lagi berada di wilayah Schengen sejak Minggu (12/2).

2. Rencana Perjalanan Ahmad Munasir

Berdasarkan pengakuannya secara lisan, menurut Fathul Wahid, Ahmad Munasir memiliki rute perjalanan dari Oslo ke Istanbul, kemudian menuju Riyadh (Arab Saudi), dan kembali ke Istanbul sebelum bertolak menuju Jakarta.

"Ahmad Munasir tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya," ungkap Fathul dalam keterangan resmi di situs UII yang dikutip Minggu (19/2).

Fathul menambahkan, perjalanan ke Riyadh harus dilakukan untuk menghormati panitia konferensi di Arab Saudi, yang telah membelikan sebagian tiket perjalanan mereka.

Bahkan sebelum ke Oslo, Ahmad Munasir telah menyampaikan pidato pada konferensi internasional yang digelar di Riyadh pada 23-25 Januari 2023.

3. Komunikasi Terakhir dengan Istri Sebelum Hilang

Komunikasi terakhir Ahmad Munasir tercatat terjadi pada Minggu (12/2) siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul. Dia mengirimkan pesan melalui WhatsApp kepada istrinya, menyatakan: "menunggu boarding".

4. Dinyatakan Hilang

Keluarga berharap Ahmad Munasir mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, pada Kamis (16/2) petang pukul 18.00 WIB. Adiknya yang menjemput kedatangannya telah menunggu di pintu kedatangan penumpang, tetapi tidak mendapati sosok Ahmad Munasir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...