Strategi Menhub Antisipasi Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak

Aryo Widhy Wicaksono
12 Maret 2023, 15:37
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (ketiga kanan) berjalan saat meninjau Pelabuhan Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (11/3/2023). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan kesi
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nym
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (ketiga kanan) berjalan saat meninjau Pelabuhan Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (11/3/2023).

Jumlah pemudik angkutan Lebaran 2023 nanti diperkirakan mengalami kenaikan sekitar 14 persen dari tahun lalu. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jumlah pemudik tahun ini dapat mencapai 123 juta, bertambah sekitar 38 juta dari dari total pemudik tahun lalu yang berjumlah 85,5 juta.

"Kenaikan angkutan pemudik Lebaran itu didominasi kendaraan darat roda empat dan roda dua," kata Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Merak, Minggu (12/3), seperti dikutip Antara.

Advertisement

Menurut Budi, dengan adanya potensi peningkatan jumlah pemudik, pemerintah juga harus menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kelancaran tradisi tersebut. Hal ini sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo yang meminta beberapa menteri melakukan persiapan dan antisipasi angkutan lebaran 2023.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Provinsi Banten, ASDP, Korlantas Polri, Pelni, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), PT Pelindo, Kementerian PUPR, dan pemangku kepentingan lainnya menggelar rapat untuk mempersiapkan angkutan Lebaran 2023.

Pada kesempatan ini, Budi menyebut jalur penyeberangan Merak - Bakauheni menjadi salah satu jalur favorit bagi masyarakat untuk mudik. "Kami menggelar rapat koordinasi merupakan langkah persiapan sejak dini dengan melibatkan berbagai pihak, sehingga pelaksanaannya akan lebih baik dari tahun lalu," ujar Menhub.

Pada Lebaran tahun lalu, jumlah kendaraan yang melintasi Pelabuhan Merak mencapai 37 ribu, jumlah ini 30 persen lebih banyak dari masa Lebaran pada 2019, sebelum pandemi melanda. 

Budi menjelaskan pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi agar lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan tetap bisa terkendali, meski terjadi peningkatan luar biasa.

"Sejumlah langkah yang akan disiapkan seperti menambah jumlah dermaga di pelabuhan, menambah trip kapal, mempercepat bongkar muat, menambah rest area, hingga mengelola ticketing, dimana kami secara reguler akan mengecek perkembangan setiap pekan," jelas Menhub.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement