Direktur Jenderal WHO: Menemukan Asal Usul Covid-19 jadi Keharusan

Aryo Widhy Wicaksono
12 Maret 2023, 18:57
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan pandangannya pada sesi kedua KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan pandangannya pada sesi kedua KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, menegaskan komitmen lembaganya untuk terus berusaha menemukan asal usul COVID-19, yang telah membuat dunia diliputi pandemi dalam tiga tahun terakhir.

Menurutnya, komitmen untuk menemukan asal-usul penyakit tersebut menjadi keharusan ilmiah untuk membantu mencegah wabah di masa depan, serta kewajiban moral, demi jutaan orang yang meninggal serta mereka kini hidup dengan gejala long COVID.

Melalui akun Twitter pribadinya, Tedros mengatakan eksplorasi terhadap semua hipotesis harus tetap dilakukan. Cuitan ini juga menandai tiga tahun perjalanan pandemi, setelah terungkap pertama kali di Wuhan, Cina.

"Lebih dari 3 tahun dalam keadaan darurat #COVID19, terlalu banyak nyawa yang hilang. Terlalu banyak orang yang masih menderita," tulisnya Minggu (12/3).

Tedros pun memastikan pihaknya tidak akan pernah berhenti menuntut akses yang adil terhadap alat-alat yang dapat menyelamatkan jiwa.

Dalam cuitnya ini, Tedros juga merenungkan minggu pertama COVID-19, dengan mengungkit dua momen yang cukup menonjol dalam perjalanan WHO selama terjadinya pandemi.

"30 Jan 2020: @WHO membunyikan alarm tertinggi, 11 Mar 2020: kami menganggap wabah ini sebagai pandemi," tulis Tedros.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...