Top News: DPR Sahkan Perppu Ciptaker, Laba Hero dan Zippyshare Tutup

Aryo Widhy Wicaksono
22 Maret 2023, 05:00
Sejumlah buruh demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Mereka menuntut Pemerintah mencabut Perppu Ciptaker.
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Sejumlah buruh demonstrasi di depan Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/2/2023). Mereka menuntut Pemerintah mencabut Perppu Ciptaker.

Setelah sempat tertunda karena masa reses, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja atau Perppu Ciptaker, menjadi Undang-Undang.

Dalam pengambilan keputusan tingkat pertama, tujuh fraksi di DPR setuju untuk mengesahkan Perppu Ciptaker, dan dua menolak. Mereka yang setuju adalah PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, dan PAN. Sedangkan PKS dan Demokrat meminta pembahasan Perppu dilanjutkan di Paripurna.

Pengesahan Perppu Ciptaker menjadi salah satu artikel terpopuler di Katadata.co.id. Selain pengesahan Perppu Ciptaker, simak juga beberapa berita penting dan menarik lainnya, mengenai platform digital yang tutup operasi, hingga pendapatan Shopee dan Hero Supermarket.

Berikut berita terpopuler di Katadata.co.id Selasa (21/3):

1. Platform Berbagi File Zippyshare Tutup Setelah 17 Tahun Beroperasi

Platform berbagi file gratis Zippyshare akan menutup layanan mereka per 31 Maret nanti, setelah 17 tahun beroperasi. Perusahaan terpaksa menutup layanan setelah mengalami penurunan pendapatan iklan, serta kesulitan bersaing di tengah ketatnya kompetisi.

Zippyshare mengimbau pengguna untuk membuat cadangan file penting dalam waktu dua minggu ke depan, sebelum mereka menutup layanan secara permanen.

Sejak meluncur pada 2006, Zippyshare merupakan situs web layanan hosting file yang memberikan fasilitas kepada pengguna untuk mengunggah, berbagi, dan mengunduh file secara gratis. Berdasarkan Similarweb, situs ini menerima lebih dari 43 juta kunjungan per bulan.

2. Transaksi Shopee di 10 Negara Rp 1.167 T, Empat Kali Lipat Tokopedia

Nilai transaksi bruto atau GMV Shopee naik 17,6% year on year (yoy) menjadi US$ 73,5 miliar atau sekitar Rp 1.167 triliun sepanjang tahun lalu. Sedangkan Tokopedia meningkat 18% menjadi Rp 273,1 triliun.

Namun jumlah negara lokasi Shopee beroperasi jauh lebih banyak dibandingkan Tokopedia yang hanya ada di Indonesia. Shopee beroperasi di 10 negara, selain Indonesia, mereka ada di Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, Polandia, Spanyol, hingga Brasil.

Induk Tokopedia, GoTo mengatakan bahwa perusahaan akan berfokus meningkatkan ketersediaan barang bagi konsumen, khususnya di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

3. Tok! DPR Sahkan Perppu Ciptaker jadi Undang-undang, 2 Fraksi Menolak

DPR resmi mengesahkan Perppu Ciptaker menjadi Undang-undang. Pengesahan diambil dalam sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023, Selasa (21/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...