Top News: Jokowi soal Timnas Israel U20, Potensi Kerugian Proyek Tol

Aryo Widhy Wicaksono
29 Maret 2023, 03:55
Presiden Jokowi
Sekretariat Kabinet
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, akhirnya turun tangan untuk menengahi polemik mengenai keikutsertaan tim nasional Israel pada penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia. Menurut Jokowi, kehadiran Israel tak akan mempengaruhi posisi RI terhadap Palestina.

Pernyataan Jokowi menjadi salah satu artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Selasa (28/3). Selain itu, simak juga berita mengenai potensi kerugian proyek tol sebesar Rp 4,5 triliun, elektablitas Anies Baswedan yang terus menurun, serta Pegawai Bea Cukai yang emosional di media sosial.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Jokowi: Soal Timnas Israel, Jangan Campur Aduk Olahraga dan Politik

Presiden Jokowi angkat bicara soal penolakan terhadap kedatangan tim nasional Israel ke Piala Dunia U20 di Indonesia. Jokowi mengatakan, dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina tetap kuat.

Oleh sebab itu Presiden memberikan pesan kepada para penolak Israel di Piala Dunia U20. "Jangan campur adukkan urusan olahraga dan politik," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa (28/3).

Jokowi juga menjelaskan Indonesia sudah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 pada Oktober 2019. Pada waktu itu, belum diketahui siapa saja peserta turnamen sepak bola ini. "Kepastian Israel lolos baru diketahui pada Juli 2022," kata Presiden.


2. KPK Curiga Korupsi Tukin Kementerian ESDM untuk Muluskan Audit BPK

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menengarai motif di balik dugaan korupsi tunjangan kinerja atau tukin di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan kecurigaan muncul dari data awal yang telah dikantongi komisi antirasuah.

Menurut Ali meski telah mengendus adanya dugaan hasil korupsi digunakan untuk memuluskan proses audit yang dilaksanakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun ia belum bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana uang hasil korupsi tersebut digunakan. Ia menyebut KPK saat ini tengah mendalami ke mana aliran uang hasil korupsi serta apakah digunakan untuk keperluan pribadi dan pembelian aset.

Ali menerangkan dugaan korupsi dana tukin di Kementerian ESDM diperkirakan telah merugikan negara hingga puluhan miliar rupiah. Saat ini KPK pun telah mengantongi lebih dari satu nama tersangka dalam kasus dugaan korupsi tersebut.

3. Pegawai Bea Cukai yang Sebut Warganet Babu Dijatuhi Sanksi Disiplin

Belum lama ini viral cuitan salah satu pegawai Ditjen Bea Cukai yang menyebut warganet 'bacot' dan 'babu' saat menanggapi protes soal piala dari luar negeri dikenai bea masuk dan pajak impor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...