Top News: Sayembara Logo IKN, Bonus 'THR' Ojek Online

Aryo Widhy Wicaksono
6 April 2023, 05:12
Sebuah mobil keluar dari gerbang pusat Persemaian Mentawir di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (18/8/2022).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Sebuah mobil keluar dari gerbang pusat Persemaian Mentawir di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (18/8/2022).

Pemerintah menggelar sayembara kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam memilih logo Ibu Kota Nusantara atau IKN, sebagai ibu kota masa depan menggantikan DKI Jakarta.

Sayembara ini, menjadi salah satu artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Rabu (5/4). Di samping itu, simak juga beberapa artikel pilihan lainnya seperti bonus 'THR' untuk pengemudi taksi dan ojek online, serta daftar investor besar yang menjual saham GOTO.

Berikut top news Katadata.co.id:

1. Jokowi Ajak Masyarakat Pilih Logo IKN, Berhadiah 10 Motor Listrik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi memilih logo IKN. Sayembara ini terbuka secara daring dan berlangsung selama periode 4 April - 20 Mei 2023.

Sepuluh pemilih beruntung akan mendapatkan hadiah berupa motor listrik dengan tanda tangan Presiden Joko Widodo.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan pihaknya sudah menyeleksi desain logo IKN dari 500 desainer yang berminat. Para ahli yang tergabung dalam Asosiasi Desainer Grafis Indonesia kemudian memilih 10 desain untuk dipilih Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi memilih lima dari 10 desain tersebut. Desain terpilih kemudian menjadi peserta dalam sayembara ini.

2. Deretan Investor Kakap Jual Saham GOTO Sejak Awal Tahun Ini

Sejak berakhirnya masa penguncian saham (lock up) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada November tahun lalu, sejumlah investor institusi gencar menjual sahamnya di perusaaan teknologi tersebut.

Aksi jual saham juga terjadi setelah GOTO mengumumkan kinerja keuangan yang mencatatkan kerugian bersih senilai Rp 40,4 triliun sepanjang tahun 2022. Namun, perusahaan tetap menargetkan pendapatan sebelum bunga, pajak dan amortisasi atau EBITDA yang disesuaikan, positif mulai tahun ini.

Lantas, investor mana saja yang melepas saham GOTO sejak awal tahun ini?

Goto Peopleverse Fund (GPF) merupakan perusahaan yang belum lama ini melepas saham GOTO, kemudian perusahaan e-commerce milik Grup Djarum, PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli, serta perusahaan yang terafiliasi dengan Softbank, yakni SVF GT Subco Pte Ltd.

3. Empat Bonus ‘THR’ Gojek untuk Pengemudi Taksi dan Ojek Online

Aplikator ojek online seperti Gojek dan Grab memang tidak diwajibkan memberikan Tunjangan Hari Raya alias THR Keagamaan bagi mitra pengemudi. Namun Gojek memberikan sejumlah bonus atau insentif.

Head of Indonesia Region Gojek Gede Manggala menyampaikan, perusahaan berfokus mengurangi beban biaya pengemudi taksi dan ojek online, termasuk saat Lebaran.

Oleh karena itu, startup jumbo ini menyediakan Program Swadaya sejak 2016. Merujuk pada komitmen tersebut, Gojek menyediakan setidaknya empat bonus saat libur Lebaran bagi mitra pengemudi taksi dan ojek online.

4. Daftar 15 Jalan Tol Baru yang Siap Digunakan Saat Mudik Lebaran 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR mempersiapkan infrastruktur jalan nasional dan jalan tol untuk digunakan saat mudik lebaran 2023.

Terdapat 15 jalan tol baru yang siap digunakan untuk memperlancar arus mudik maupun arus balik lebaran 2023 nanti.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jalan tol baru tersebut ada yang telah beroperasi mulai awal 2023.

Namun demikian, terdapat juga jalan tol yang beroperasi secara fungsional. Artinya, jalan tol tersebut belum beroperasi secara resmi, tetapi dinilai layak digunakan selama masa mudik Lebaran 2023. Jalan tol yang beroperasi fungsional itu juga belum dikenakan tarif sehingga masih gratis.

5. Adaro Energy Buyback Saham Rp 4 Triliun, Berikut Jadwalnya

Emiten pertambangan batu bara, PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham perseroan dengan jumlah sebanyak-banyaknya Rp 4 triliun.

Perseroan akan melakukan buyback dalam jangka waktu paling lama 18 bulan terhitung setelah tanggal persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan akan dilaksanakan melalui BEI.

Dalam keterbukaan informasi pada laman resmi perseroan, Selasa (4/4), dijelaskan bahwa jumlah nilai nominal seluruh saham yang akan dibeli kembali perseroan tidak melebihi 10% dari modal yang ditempatkan.

Oleh karena itu, mengingat rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) akan dilakukan pada 11 Mei 2023 dan apabila agenda buyback saham perseroan telah disetujui pada RUPST, maka buyback akan dilakukan terhitung sejak 12 Mei 2023.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...