Top News: Kasus Korupsi Dirut Waskita Karya, Publik Puas dengan Jokowi

Aryo Widhy Wicaksono
1 Mei 2023, 07:26
Kantor Pusat PT Waskita Karya
Dokumentasi perseroan
Kantor Pusat PT Waskita Karya

Kejaksaan Agung mengungkap kasus dugaan korupsi terkait penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan bank untuk PT Waksita Karya Tbk (WSKT) dan PT Waskita Beton Precast (WSBP).

Dalam kasus ini, tim penyidik pada Kejaksaan Agung menetapkan Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono, menjadi tersangka. Ia pun langsung ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salemba Cabang Kejaksaan Agung, Jakarta Pusat, mulai Jumat (28/4) malam, untuk 20 hari pertama.

Kasus korupsi yang melibatkan direktur utama Waskita Karya menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada akhir pekan lalu.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kejagung Tetapkan Dirut Waskita Karya Tersangka Kasus Korupsi

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Ketut Sumedana, menjelaskan tersangka Destiawan diduga memerintahkan dan menyetujui pencairan dana Supply Chain Financing (SCF) dengan menggunakan dokumen pendukung palsu.

Dana tersebut kemudian digunakan sebagai pembayaran utang perusahaan. Akan tetapi, dalam penyidikan terungkap, bahwa utang tersebut muncul melalui proyek-proyek fiktif, di PT Waskita Karya dan PT Waskita Beton Precast, atas permintaan tersangka.

Perbuatan tersangka sesuai dengan ketentuan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

2. Profil Dirut Waskita yang Terlibat Penyelewangan Dana Proyek Fiktif

Direktur Utama PT WAskita Karya, Destiawan Soewardjono, resmi menjabat sebagai pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang konstruksi ini, berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 5 Juni 2020.

Sebelum menjabat sebagai Dirut Waskita, lulusan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada tahun 2008 ini, telah malang melintang di sejumlah BUMN Karya. Antara lain Manajer Departemen Luar Negeri Wijaya Karya periode 2012-2013.

Destiawan juga pernah menjabat sebagai Direktur Operasional III Wijaya Karya periode 2013 sampai 2020. Kemudian, ia juga menjabat Komisaris Utama di anak usaha WIKA, yakni Wijaya Karya Bangun Gedung pada 2014 sampai 2020.

3. IHSG Bergeliat Usai Lebaran, Simak Saham Paling Untung dan Buntung

Usai libur panjang Lebaran, bursa saham Tanah Air bergeliat. Hal ini terlihat dari sejumlah indikator perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), terutama dari sisi volume dan nilai transaksi.

Pada Jumat akhir pekan ini, IHSG ditutup di zona hijau dengan peningkatan sebesar 1,38%, yaitu pada posisi 6.915,716 dari posisi 6.821,807 pada pekan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...