Top News: Blue Bond RI Pertama di Dunia, 6 Poin Pidato Anies Baswedan

Aryo Widhy Wicaksono
22 Mei 2023, 05:50
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Instagram.com/smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan mengumumkan penerbitan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi yen Jepang atau Samurai Bond. Nilai SUN yang terbit pada Jumat (19/5), adalah 104,8 miliar yen atau setara Rp 11,34 triliun.

Penerbitan Blue Bonds menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap pembiayaan berkelanjutan, khususnya dalam rangka mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG).

Saat ini, Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang menerbitkan Blue Bonds.

Berita mengenai penerbitan Blue Bonds ini menjadi artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada akhir pekan ini. Selain itu, simak juga informasi menarik lainnya seperti Menteri Sandiaga Uno yang meminta kepolisian tindak tegas calo tiket Coldplay, serta poin-poin pidato Anies Baswedan pada acara milad PKS.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Sri Mulyani Terbitkan Surat Utang Rp11,3 T, Blue Bond Pertama di Dunia

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Suminto, mengungkapkan penerbitan Samurai Bond ditujukan untuk pembiayaan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.

Penerbitan Samurai Bond kali ini terbagi dalam empat seri. “SUN yang diterbitkan terdiri dari RIJPY0526B dengan tenor tiga tahun, RIJPY0528B tenor lima tahun, RIJPY0530 tenor tujuh tahun, dan RIJPY0533 tenor 10 tahun,” ujar Suminto seperti dikutip Minggu (21/5).

Secara rinci:

  • RIJPY0526B diterbitkan senilai 46,9 miliar yen Jepang dengan kupon 0,74 persen. Seri ini akan jatuh tempo pada 26 Mei 2026.
  • RIJPY0528B diterbitkan sebesar 37,2 miliar yen Jepang dan akan jatuh tempo pada 26 Mei 2028, dengan kupon 0,98 persen.
  • RIJPY0530 akan jatuh tempo pada 24 Mei 2030, dan diterbitkan senilai 14,7 miliar yen Jepang dengan kupon 1,2 persen.
  • RIJPY0533 memiliki tenor terpanjang, jatuh tempo pada 26 Mei 2033 dengan kupon 1,43 persen, dan diterbitkan sebesar 6 miliar yen Jepang.

Adapun seri dengan tenor tujuh tahun dan 10 tahun merupakan Blue Bonds.

2. Tiket Coldplay Diborong Calo, Sandiaga Uno: Polisi, Tindak Tegas!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno berencana menindak para calo yang mendapatkan tiket konser dengan sistem bot, serta menjual kembali tiket-tiket tersebut dengan harga fantastis.

Sebanyak lebih dari 1,5 juta orang bertarung memperebutkan tiket konser grup musik rock asal Inggris, Coldplay. Padahal tiket yang tersedia hanya sebanyak 50.000 saja.

Sesaat setelah tiket ludes terjual, bermunculan para calo yang menjual tiket lebih tinggi dari harga resmi. Melalui video yang beredar di Twitter, para calo ini berhasil mendapat tiket lewat sistem operasi otomatis, alias bot.

Seperti tiket Coldplay yang dijual oleh situs Kick Avenue, Numbered Seating (Cat 1) dihargai Rp60 juta, selisih Rp55 juta dari harga asli Rp5 juta. Mereka juga menjual tiket Cat 2 seharga Rp50 juta dan Cat 3 Rp9,5 juta. Padahal tiket aslinya hanya seharga masing-masing Rp4 juta dan Rp3,25 juta.

Beberapa calo bahkan tak segan mengaku sebagai “orang dalam” sehingga bisa mendapat tiket dalam jumlah banyak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...