Top News: Startup Bandung Disuntik Rp 585 M, Satgas Baru Mahfud MD

Aryo Widhy Wicaksono
29 Mei 2023, 05:55
Para pendiri Startup Evermos yakni President dan Co-Founder Arip Tirta, Co-Founder Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-Founder Iqbal Muslimin, serta Co-Founder Ilham Taufiq
Evermos
Para pendiri Evermos yakni President dan Co-Founder Arip Tirta, Co-Founder Ghufron Mustaqim, CEO dan Co-Founder Iqbal Muslimin, serta Co-Founder Ilham Taufiq

Startup Evermos asal Bandung, Jawa Barat, berhasil menarik perhatian dunia, setelah mendapatkan pendanaan seri C sebesar USD 39 juta atau sekitar Rp 585 miliar. Startup yang berdiri pada November 2018, berfokus menyasar UMKM.

International Finance Corporation, sebuah lembaga keuangan di bawah Bank Dunia, menjadi pemimpin dalam investasi ini.

Berita mengenai investasi dari lembaga internasional kepada startup Evermos, menjadi artikel terpopuler top news Katadata pada akhir pekan lalu.

Selain investasi kepada Evermos, simak juga artikel mengenai ultimatum Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) di Papua terhadap pilot Susi Air yang mereka sandera, serta helikopter yang terjatuh di kebun teh Ciwalini.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Startup Bandung Evermos Disuntik Lembaga Keuangan Bank Dunia Rp 585 M

Startup Evermos yang berdiri pada November 2018, berfokus menyasar UMKM. Mereka mencatat, hanya sekitar 0,5% UMKM yang berkembang.

Salah satu penyebabnya, karena tantangan logistik. Dengan lebih dari 17 ribu pulau yang membentang sejauh 5.100 kilometer dari barat ke timur, geografi unik pasar Indonesia membuat ekspansi nasional menjadi mahal dan memakan waktu, terutama di kota-kota kategori tingkat lebih rendah.

“Oleh karena itu, kami akan terus memanfaatkan inovasi guna menghubungkan brand lokal dengan pelanggan di kota-kota kategori tingkat lebih rendah dengan lebih efisien,” kata Co-Founder sekaligus CEO Evermos Ghufron Mustaqim dalam keterangan pers, Sabtu (27/5).

Startup Evermos memungkinkan para pemilik merek atau brand mengakses 500 kota dengan 160 ribu reseller yang dapat beroperasi. Evermos mencatatkan pertumbuhan nilai transaksi bruto alias gross merchandise value (GMV) 17 kali lipat selama 2020 – 2022.

2. Mahfud MD Bentuk Tim Reformasi Hukum, Ada Eks Bos KPK dan Najwa Shihab

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, membentuk Tim Percepatan Reformasi Hukum. Tim ini terdiri dari banyak tokoh, di antaranya eks wakil ketua KPK Laode M. Syarif, eks Kepala PPATK Yunus Husein, ekonom senior Faisal Basri, hingga jurnalis Najwa Shihab.

Pembentukan tim ini sesuai dengan Keputusan Menko Polhukam Nomor 63 Tahun 2023 tertanggal 23 Mei 2023. Berdasarkan keputusan tersebut, tim hanya memiliki masa kerja hingga penghujung 2023, tetapi dapat diperpanjang dengan Keputusan Menkopolhukam.

Simak tugas dari tim percepatan reformasi hukum.

3. KKB Papua Ancam Tembak Pilot Susi Air dalam Waktu Dua Bulan

KKB) di wilayah Papua mengancam akan menembak pilot Susi Air berkewarganegaraan Selandia Baru yang telah disandera sejak Feberuari lalu.

Mengutip The Independent, Philip Mehrtens diculik awal Februari tahun ini, setelah dia mendaratkan pesawatnya di bandara Paro di dataran tinggi terpencil Kabupaten Nduga di Papua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...