Top News: Transisi Gojek ke Motor Listrik, Golden Visa Investor Asing

Aryo Widhy Wicaksono
31 Mei 2023, 05:55
Ilustrasi, pengemudi Gojek
gojek
Ilustrasi, pengemudi Gojek

Di tengah upaya pemerintah yang gencar melaksanakan program transisi energi demi komitmen nol emisi karbon, Gojek menargetkan memiliki 5.000 pengemudi ojek online atau ojol menggunakan motor listrik pada semester kedua tahun ini.

Penyebaran kendaraan listrik tersebut akan digenjot mulai Agustus nanti, hingga mencapai target pada Desember.

Berita mengenai target Gojek untuk menerapkan nol emisi karbon pada 2030 menjadi artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Selasa (30/5).

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Gojek Targetkan 5.000 Pengemudi Ojol Pakai Motor Listrik Tahun Ini

Menurut Group Head of Sustainability GoTo, Tanah Sullivan, target 5.000 mitra pengemudi ojol tersebut merupakan total dari Agustus hingga Desember.

Gojek telah menguji coba 500 kendaraan listrik tahun lalu, paling banyak di Jakarta Selatan. Layanan berbagi tumpangan alias ride hailing dengan motor listrik ini akan diperluas ke luar Jakarta.

Anak usaha GoTo Gojek Tokopedia itu mengatakan, respons mitra pengemudi ojek online atau ojol yang menggunakan motor listrik baik, dari sisi kenyamanan, polusi suara, kemudahan mengisi baterai, dan biaya perawatan kendaraan.

2. Garuda Indonesia RUPS Hari Ini, Harga Sahamnya Terbang Tinggi

Harga saham PT Garuda Indonesia Tbk atau GIAA terbang 9,8% atau 6 poin, menyentuh Rp 67 per saham pada penutupan sesi pertama perdagangan Selasa (30/5). Kenaikan ini seiring dengan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan yang dilaksanakan Selasa (30/5).

Menurut data perdagangan, harga saham emiten pelat merah ini sempat turun di level Rp 58 per saham, sebagai harga terendah dari harga penutupan Senin (29/5), yakni Rp 61 per saham. Bahkan saat pembukaan, sahamnya terkoreksi di level Rp 60 per saham, namun kembali pulih di zona hijau.

Saham perusahaan aviasi milik BUMN ini diperdagangkan dengan nilai transaksi Rp 12,7 miliar. Sementara itu, frekuensi perdagangannya tercatat sebanyak 4.243 kali, dengan rentang harga penjualan Rp 58-67 per saham. Serta nilai kapitalisasi pasar yaitu Rp 6,1 triliun.

3. Bahas Dividen Jumbo di RUPS Hari Ini, Saham Telkom Justru Terkoreksi

PT Telkom Indonesia Tbk atau TLKM mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Selasa (30/5) siang ini. Seiring RUPS, saham Telkom terpantau melemah 1,2% atau 50 poin, menyentuh Rp 4.150 per lembar.

Harga saham emiten sektor telekomunikasi ini mencatatkan pelemahan sejak dibukanya perdagangan saham Selasa (30/5). Sejak pembukaan perdagangan, sahamnya terkoreksi di level Rp 4.140 dari harga penutupan Senin (29/5) yaitu Rp 4.200.

Bahkan, sempat menyentuh Rp 4.120 sebagai harga terendah. Hingga pukul 13.41 WIB saham Telkom belum mampu merangkak dari zona merah ke zona hijau.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...