Top News: Elektabilitas Prabowo Unggul, Kecelakaan Kereta di India

Aryo Widhy Wicaksono
5 Juni 2023, 05:55
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Nama bakal calon presiden untuk pelaksanaan Pemilu 2024 sudah mengerucut kepada tiga kandidat. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; serta mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Peta dukungan untuk ketiga nama tersebut terus menjadi perhatian publik dengan semakin dekatnya hari-H pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari tahun depan.

Berdasarkan survei terbaru dari lembaga Indikator Politik Indonesia, nama Prabowo memimpin, kemudian menyusul Ganjar dan Anies secara berurutan.

Survei elektabilitas capres 2024 tersebut menjadi artikel terpopuler atau top stories Katadata.co.id pada akhir pekan ini. Simak juga berita lain seperti kecelakaan kereta api di India, dan harga batu bara yang merangkak naik.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Anies Terus Menurun

Dalam simulasi 18 nama, Prabowo menempati peringkat pertama dengan elektabilitas 25,3%. Bertaut tipis di bawahnya, ada nama Ganjar Pranowo memiliki dukungan 25,2% responden. Adapun nama Anies Baswedan berada di peringkat ketiga dengan elektabilitas 12,5%.

Tren elektabilitas Prabowo juga terus meningkat. Sebelumnya Menteri Pertahanan mendapatkan elektabilitas 24,2% pada survei awal Mei 2023. Adapun tren elektabilitasi Ganjar turun dari 29,3% pada survei awal Mei. Padahal, tingkat keterpilihan Ganjar sempat meningkat dari 19,8% usai batalnya Piala Dunia U20.

Sedangkan tren elektabilitas Anies terus menurun sejak November 2022. Pada survei November lalu, keterpilihan Anies sempat mencapai 19,1%, terpaut tipis dengan Prabowo.

Nama Prabowo juga masih unggul jika survei mengerucut kepada 10 nama.

Simak hasil lengkap survei Indikator Politik Indonesia

2. Survei Indikator: Kepuasan Terhadap Kerja Jokowi Capai Rekor Tertinggi

Jumlah masyarakat yang merasa puas atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo terus meningkat. Dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, responden yang puas atas kinerja Jokowi mencapai 79,2%.

Dalam survei tersebut, responden yang merasa cukup puas atas kinerja Jokowi mencapai 57,8%. Sedangkan 21,4% responden, mengatakan sangat puas.

Tren kepuasan atas kinerja Jokowi ini bahkan terus meningkat selama satu bulan terakhir. Pada awal Mei 2023, responden yang menyatakan puas sebesar 76,3%.

Adapun, tingkat kepuasan ini merupakan yang paling tinggi sejak Januari 2015 atau tiga bulan sejak Jokowi menjabat. Dalam survei Indikator, level kepuasan terendah terhadap kinerja Jokowi berada pada Juni 2015 yakni 40,7%.

Cek hasil survei Indikator Politik mengenai kepuasan terhadap kerja Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...