Top News: Kronologi Kerusuhan Rempang, Kekayaan 3 Bakal Capres

Aryo Widhy Wicaksono
9 September 2023, 06:00
Ribuan warga berunjuk rasa menolak rencana pengembangan Pulau Rempang dan Galang menjadi kawasan ekonomi baru, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/8/2023).
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/rwa.
Ribuan warga berunjuk rasa menolak rencana pengembangan Pulau Rempang dan Galang menjadi kawasan ekonomi baru, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/8/2023).

Kerusuhan terjadi di Rempang, Batam, Kepulauan Riau pada Kamis (6/8) siang. Petugas gabungan dari Polri, TNI, Ditpam Badan Pengusahaan (BP) Batam, serta Satpol PP, terlibat bentrok dengan warga Rempang.

Kerusuhan itu terjadi setelah warga menggelar demonstrasi, menolak pengembangan kawasan ke wilayah yang warga sebut sebagai kampung adat masyarakat Melayu.

Demonstrasi berubah menjadi kericuhan sesaat setelah hendak dilakukan pengukuran untuk pengembangan kawasan tersebut oleh BP Batam.

Kericuhan di Rempang menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Di samping artikel mengenai kericuhan ini, simak juga berita mengenai harta kekayaan tiga nama bakal capres, serta aturan mengenai dana kampanye Pemilu 2024.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kronologi Kerusuhan Rempang Batam, Perkara Relokasi hingga Ganti Rugi

Kerusuhan pecah di Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau pada Kamis (6/8) siang. Petugas gabungan dari Polri, TNI, Ditpam Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan Satpol PP terlibat bentrok dengan warga Rempang. Bentrok terjadi saat pengukuran untuk pengembangan kawasan tersebut oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Cekcok antara warga dan petugas keamanan membuat aparat menembakkan gas air mata. Situasi menjadi tidak kondusif, warga berlarian, dan dorong mendorong antara petugas dan warga terjadi.

Dari kejadian itu, dikabarkan beberapa siswa sekolah dibawa ke rumah sakit akibat terkena gas air mata yang terbawa angin, karena lokasinya yang tidak jauh dari tempat terjadinya keributan.

"Ada belasan siswa yang saya tau dibawa oleh ambulan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Gas air mata itu tadi terbawa angin, karena ribut dekat dari sekolah kami," ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 22 Muhammad Nazib saat ditemui di lokasi.

Ketahui lebih banyak mengenai kronologi kerusuhan di Rempang, serta upaya relokasi dan ganti rugi kepada warga.

2. MP Evans Akuisisi Dua Perusahaan Minyak Sawit US$ 60 Juta

MP Evans Group PLC, produsen minyak sawit Indonesia yang sahamnya tercatat di Bursa London, mengakuisisi dua produsen crude palm oil (CPO) senilai US$ 60 juta atau sekitar Rp 919,8 miliar (kurs Rp 15.330 per US$). Kedua perusahaan yang menjadi target akuisisi itu adalah PT Agro Bumi Kaltim (ABK) dan PT Nusantara Agro Sentosa (NAS).

Saat ini, proses akuisisi menunggu finalisasi proses hukum dan regulasi yang berlaku di Indonesia. MP Evans menargetkan akuisisi tersebut rampung pada akhir tahun ini. Perusahaan mengatakan bahwa langkah strategis ini sejalan dengan tujuannya untuk menambah area tertanam yang berdekatan dengan lahan sawit milik MP Evans.

ABK maupun NAS memiliki dan mengelola perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur, yang secara kumulatif mencapai 8.350 hektare, rinciannya: perkebunan sawit milik ABK seluas 4.973 hektare dan perkebunan sawit milik NAS seluas 3.377 hektare.

Jika ditinjau dari sisi kepemilikan, lahan milik ABK dan NAS terdiri atas 6.664 hektare lahan dengan kepemilikan langsung dan 1.686 hektare lahan yang diawasi oleh koperasi petani plasma.

Ketahui lebih banyak mengenai akuisisi MP Evans senilai US$ 60 juta tersebut.

3. 35% Nasabah Bank Jago Ditopang Ekosistem Gojek Tokopedia

Ekosistem PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) turut memberi andil sekitar 35% dari seluruh nasabah emiten bank digital, PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang mencapai 8,3 juta. Direktur Utama Bank Jago Arief Harris Tandjung menyebut potensi pertumbuhannya masih cukup besar mengingat ruang kolaborasi yang terus berlangsung.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...