Pada 14 Mei 2020 Presiden Joko Widodo meluncurkan gerakan #BanggaBuatanIndonesia. Tujuan dari gerakan ini agar masyarakat Indonesia membeli produk-produk buatan Indonesia, baik usaha besar atau UMKM. Selain membeli produk buatan Indonesia, gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini juga mendorong perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam memproduksi produk.
Bangga Buatan Indonesia diharapkan bisa membuat produk lokal menguasai pasar domestik dan berikutnya adalah pasar luar negeri. Melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, pemerintah memberikan stimulus untuk UMKM dan ultramikro Rp123 triliun dari total anggaran pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp607 triliun.
Staf Ahli Bidang Transformasi Digital Kreativitas dan SDM, Kemenkoperekonomian
Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Kominfo
CEO & Founder Tokopedia
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen IKP, Kominfo
Manfaat Literasi Digital untuk Brand Lokal
Direktur Kreatif Finch Agency (Bagian dari FCN)
Kasubdit Literasi Digital Kementerian Kominfo
Wakil Ketua Umum Siberkreasi
Kementerian Koperasi dan UKM akan mempercepat UMKM penerapan praktik bisnis secara digital di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan, mayoritas pelaku UMKM menghadapi masalah dalam pemasaran soal penurunan permintaan secara drastis, yang dominan terjadi pada sektor makanan dan minuman serta industri kreatif.
Menteri Koperasi dan UMKM
Direktur Kebijakan Publik & Hubungan Pemerintah Tokopedia
Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia
Pendiri Little Thoughts Planner
Merek Lokal vs Merek Luar Negeri
Katadata Insight Center
IKAPRAMA Branding Club
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, hingga akhir tahun 2020 ini akan ditargetkan 10 juta para pelaku UMKM bisa masuk ke ekosistem digital (go digital). Pentingnya mendorong UMKM go digital, tak lepas dari perkembangan teknologi internet serta imbauan social distancing selama pandemi yang menuntut perdagangan online menjadi cara paling efektif bertahan dan meraih penjualan maksimal ke depannya.
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia
Dirjen Aptika Kementerian dan Informatika
Direktur Utama DANA Indonesia
Tips Mengekspor Produk Lokal ke Luar Negeri
Direktur Utama PT Roda Maju Bahagia
IKAPRAMA Branding Club
Kiat Olympic Menjadi Merek Furnitur Favorit Selama Tiga Dekade
IKAPRAMA Branding Club
Direktur Marketing Olympic Furniture Group
Memaksimalkan Pemasaran untuk Meningkatkan Kesadaran Merek
Wakil Presiden Pemasaran Bukalapak
IKAPRAMA Branding Club