Hadji Kalla Masih Serius Pakai Monorel Made in Bekasi di Makassar

Image title
Oleh
24 April 2013, 14:06
Monorel
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Pengembang monorel Jakarta yaitu Jakarta Monorail memilih kereta dari China untuk proyek monorel Jakarta. Ini membuat produsen monorel di Bekasi yakni PT Melu Bangun Wiweka (MBW) kecewa. Namun, monorel MBW berpeluang untuk proyek monorel Makassar yang dikembangkan Hadji Kalla Group.

"Masih dengan Hadji Kalla Group yang ingin mengembangkan monorel di Makassar," ungkap General Manager PT MBW Indra Nugraha Kusnan saat dihubungi detikFinance, Selasa (23/04/2013).

PT MBW menawarkan proyek pembangunan monorel dengan nilai investasi per km sebesar US$ 15 juta. Sampai saat ini, PT MBW sedang mengejar sertifikasi kelayakan angkut yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

"Kalau dari Kementerian Perhubungan, kami tetap merintis Undang-undang monorel supaya kami dapat memenuhi regulasi dari pemerintah dan proses sertifikasi. Monorel dalam negeri sudah masuk evaluasi dan improvisasi dan kami tinggal sertifikasi. Kami sedang menyusun dokumen teknis dan kami sudah mempersiapkan rancangan dalam proses pengujian," katanya.

Guna melakukan pengembangan dan layak jalan, pihaknya sudah merangkul Fakultas Tekhnik Universitas Indonesia. Ia menargetkan awal 2014 semua proses rampung dan monorel Bekasi layak untuk digunakan.

"Kita juga sudah kerjasama dengan UI fakultas tekhnik untuk mereview. Kami meminta pemerintah untuk memberikan dukungan dan berharap pemerintah bersedia untuk menyediakan segala fasilitas untuk uji coba monorel kami ready di akhir tahun ini. Kami berharap 2014 sudah siap dan selesai semua," tandasnya. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...