Hadji Kalla Masih Serius Pakai Monorel Made in Bekasi di Makassar

Penulis:

Editor:

24/4/2013, 14.06 WIB

Monorel PT Melu Bangun Wiweka berpeluang untuk proyek monorel Makassar yang dikembangkan Hadji Kalla Group

Monorel
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Pengembang monorel Jakarta yaitu Jakarta Monorail memilih kereta dari China untuk proyek monorel Jakarta. Ini membuat produsen monorel di Bekasi yakni PT Melu Bangun Wiweka (MBW) kecewa. Namun, monorel MBW berpeluang untuk proyek monorel Makassar yang dikembangkan Hadji Kalla Group.

"Masih dengan Hadji Kalla Group yang ingin mengembangkan monorel di Makassar," ungkap General Manager PT MBW Indra Nugraha Kusnan saat dihubungi detikFinance, Selasa (23/04/2013).

PT MBW menawarkan proyek pembangunan monorel dengan nilai investasi per km sebesar US$ 15 juta. Sampai saat ini, PT MBW sedang mengejar sertifikasi kelayakan angkut yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

"Kalau dari Kementerian Perhubungan, kami tetap merintis Undang-undang monorel supaya kami dapat memenuhi regulasi dari pemerintah dan proses sertifikasi. Monorel dalam negeri sudah masuk evaluasi dan improvisasi dan kami tinggal sertifikasi. Kami sedang menyusun dokumen teknis dan kami sudah mempersiapkan rancangan dalam proses pengujian," katanya.

Guna melakukan pengembangan dan layak jalan, pihaknya sudah merangkul Fakultas Tekhnik Universitas Indonesia. Ia menargetkan awal 2014 semua proses rampung dan monorel Bekasi layak untuk digunakan.

"Kita juga sudah kerjasama dengan UI fakultas tekhnik untuk mereview. Kami meminta pemerintah untuk memberikan dukungan dan berharap pemerintah bersedia untuk menyediakan segala fasilitas untuk uji coba monorel kami ready di akhir tahun ini. Kami berharap 2014 sudah siap dan selesai semua," tandasnya. 

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan