Demi Hemat Anggaran, Yunani Pecat 15.000 PNS

Image title
Oleh
29 April 2013, 17:09
dollar
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Parlemen Yunani memutuskan bakal memecat 15.000 pegawai negeri sipil (PNS) sebagai bagian dari kebijakan penghematan anggaran yang diminta oleh negara-negara dan lembaga internasional yang memberikan bailout atau suntikan dana penyelematan.

Yunani yang saat ini sedang didera krisis utang hebat, memutuskan pemecatan 15.000 PNS setelah dilakukan rapat pengambilan keputusan di parlemen. Sebanyak 168 anggota setuju terhadap aturan penghematan anggaran yang didalamnya termasuk pemecatan 15.000 PNS. Sementara 123 anggota parlemen menentang aturan tersebut, dan satu orang abstain.

Dikutip dari AFP, Senin (29/4/2013), sebanyak 800 orang melakukan aksi protes di luar gedung parlemen Yuani. Mereka menolak rencana penghematan anggaran yang akan dilakukan. Dalam aturan penghematan ini, Yunani akan memecat 15.000 PNS bertahap hingga akhir 2014. Tahun ini akan ada 4.000 PNS yang dipecat, ini sebagai syarat dari bailout senilai miliaran dolar.

Konfederasi PNS menganggap kebijakan ini menghancurkan kesejahteraan rakyat. Sementara perserikatan pekerja swasta menyatakan, kebijakan ini bakal membuat penganggutan di Yunani meningkat dari saat ini 27%3.
Seperti diketahui, Yunani bakal mendapatkan suntikan dana dari IMF, negara-negara Eropa, dan Bank Sentral Eropa dengan nilai US$ 11,5 miliar.

Kebijakan pemecatan PNS ini adalah untuk memberantas korupsi dan juga mencegah terjadinya rangkap pekerjaan yang dilakukan oleh para PNS.

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement