Demi Hemat Anggaran, Yunani Pecat 15.000 PNS

Penulis:

Editor:

29/4/2013, 17.09 WIB

Parlemen Yunani memutuskan bakal memecat 15000 pegawai negeri sipil PNS sebagai bagian dari kebijakan penghematan anggaran

dollar
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? Parlemen Yunani memutuskan bakal memecat 15.000 pegawai negeri sipil (PNS) sebagai bagian dari kebijakan penghematan anggaran yang diminta oleh negara-negara dan lembaga internasional yang memberikan bailout atau suntikan dana penyelematan.

Yunani yang saat ini sedang didera krisis utang hebat, memutuskan pemecatan 15.000 PNS setelah dilakukan rapat pengambilan keputusan di parlemen. Sebanyak 168 anggota setuju terhadap aturan penghematan anggaran yang didalamnya termasuk pemecatan 15.000 PNS. Sementara 123 anggota parlemen menentang aturan tersebut, dan satu orang abstain.

Dikutip dari AFP, Senin (29/4/2013), sebanyak 800 orang melakukan aksi protes di luar gedung parlemen Yuani. Mereka menolak rencana penghematan anggaran yang akan dilakukan. Dalam aturan penghematan ini, Yunani akan memecat 15.000 PNS bertahap hingga akhir 2014. Tahun ini akan ada 4.000 PNS yang dipecat, ini sebagai syarat dari bailout senilai miliaran dolar.

Konfederasi PNS menganggap kebijakan ini menghancurkan kesejahteraan rakyat. Sementara perserikatan pekerja swasta menyatakan, kebijakan ini bakal membuat penganggutan di Yunani meningkat dari saat ini 27%3.
Seperti diketahui, Yunani bakal mendapatkan suntikan dana dari IMF, negara-negara Eropa, dan Bank Sentral Eropa dengan nilai US$ 11,5 miliar.

Kebijakan pemecatan PNS ini adalah untuk memberantas korupsi dan juga mencegah terjadinya rangkap pekerjaan yang dilakukan oleh para PNS.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan