Ancaman Lembaga Pemeringkat Tak Pengaruhi IHSG

Image title
Oleh
8 Mei 2013, 17:09
Saham.2.jpg
KATADATA/
KATADATA

KATADATA ? Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami penguatan pada Selasa kemarin. Indeks saham ditutup menguat 50,92 poin ke posisi 5.042,79. Penguatan indeks untuk kembali menembus level 5.000 membuktikan pasar saham domestik Indonesia tidak terpengaruh oleh ancaman lembaga pemeringkat internasional Moody's Investor Services yang akan menurunkan prospek peringkat utang Indonesia.

Investor asing tercatat melakukan penjualan sebesar Rp 364 miliar, sedangkan investor lokal tetap 'belanja' sehingga IHSG tetap menguat. Investor lokal lebih percaya pada kekuatan fundamental para emiten dan mengabaikan ancaman lembaga pemeringkat yang bakal memangkas peringkat utang Indonesia jika pemerintah tidak menaikan harga BBM bersubsidi.
 
Analis Reliance Securities Christine Natasya memperkirakan IHSG akan melanjutkan penguatan. "Tren penguatan ini akan ditopang oleh sentimen positif dari pasar global," tuturnya. Penguatan pada hari Selasa terjadi karena adanya sentimen penurunan tingkat suku bunga di Australia, serta imbas melonjaknya indeks bursa regional.

Advertisement
Reporter: Nur Farida Ahniar
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement