Ancaman Lembaga Pemeringkat Tak Pengaruhi IHSG

Penulis:

Editor:

8/5/2013, 17.09 WIB

IHSGdi Bursa Efek Indonesia BEI mengalami penguatan pada Selasa indeks saham ditutup menguat 5092 poin ke posisi 504279

Saham.2.jpg
KATADATA/
KATADATA

KATADATA ? Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami penguatan pada Selasa kemarin. Indeks saham ditutup menguat 50,92 poin ke posisi 5.042,79. Penguatan indeks untuk kembali menembus level 5.000 membuktikan pasar saham domestik Indonesia tidak terpengaruh oleh ancaman lembaga pemeringkat internasional Moody's Investor Services yang akan menurunkan prospek peringkat utang Indonesia.

Investor asing tercatat melakukan penjualan sebesar Rp 364 miliar, sedangkan investor lokal tetap 'belanja' sehingga IHSG tetap menguat. Investor lokal lebih percaya pada kekuatan fundamental para emiten dan mengabaikan ancaman lembaga pemeringkat yang bakal memangkas peringkat utang Indonesia jika pemerintah tidak menaikan harga BBM bersubsidi.
 
Analis Reliance Securities Christine Natasya memperkirakan IHSG akan melanjutkan penguatan. "Tren penguatan ini akan ditopang oleh sentimen positif dari pasar global," tuturnya. Penguatan pada hari Selasa terjadi karena adanya sentimen penurunan tingkat suku bunga di Australia, serta imbas melonjaknya indeks bursa regional.

Reporter: Nur Farida Ahniar

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan