Obligasi Global Pertamina Diminati Investor

Image title
Oleh
15 Mei 2013, 11:11
Dollar KATADATA | Arief Kamaludin
Dollar KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? PT Pertamina menerbitkan obligasi global senilai US$ 3,25 miliar atau sekitar Rp 31,5 triliun. Obligasi itu terdiri atas dua seri, yakni seri pertama dan kedua masing-masing senilai US$ 1,625 miliar dengan tenor 10 dan 30 tahun.

Selama masa penawaran, permintaan obligasi pertama mencapai US$ 8,7 miliar atau mengalami kelebihan permintaan. Adapun permintaan obligasi kedua mencapai US$ 5,7 miliar. Obligasi global Pertamina ini cukup diminati kalangan investor global. Investor Asia menyerap 2920dari total nilai obligasi seri pertama, diikuti investor Eropa (39%20dan Amerika (32.

BUMN migas ini menunjuk Barclays, Citi Group, dan Royal Bank of Scotland untuk menangani penerbitan obligasi itu. Dana hasil obligasi rencananya akan digunakan untuk mendanai akuisisi blok migas. Tahun lalu, Pertamina telah menerbitkan obligasi global US$ 2,5 miliar dalam dua seri dengan tenor 10 tahun dan 30 tahun. Pada 2011, Pertamina juga merilis obligasi global senilai US$ 1,5 miliar. Dengan demikian total obligasi global yang telah diterbitkan Pertamina mencapai US$ 7,35 miliar.

Emisi obligasi tetap akan marak tahun ini. Pemerintah dan korporasi tidak akan merevisi atau  menunda rencana penerbitan obligasi, kendati Standard & Poor's (S&P) merevisi peringkat utang Indonesia. Obligasi global korporasi dan pemerintah yang akan diterbitkan tahun ini diperkirakan mencapai US$ 10-10,5 miliar, sedangkan obligasi korporasi berdenominasi rupiah diprediksi mencapai Rp 80 triliun. Pemerintah juga tidak merevisi rencana penerbitan Surat Utang Negara (SUN), baik global maupun domestik, dengan target emisi Rp 281 triliun.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...