Semen Indonesia Ekspansi ke Myanmar

Penulis:

Editor:

15/5/2013, 11.11 WIB

Semen Indonesia meningkatkan ekspansi di negara Asia Tenggara Asean dengan total investasi sekitar US 357 juta Rp 35 triliun

semen
KATADATA
KATADATA

KATADATA ? PT Semen Indonesia Tbk akan meningkatkan ekspansi di negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara (Asean), dengan total investasi sekitar US$ 357 juta (Rp 3,5 triliun).

Pada 18 Desember 2012 lalu, BUMN ini membeli 7020saham Thang Long Cement, perusahaan semen di Vietnam sebesar US$ 157 juta. Kapasitas produksi Thang Long mencapai 2,3 juta ton per tahun. Perusahaan ini merupakan produsen semen terkemuka di vietnam dengan cadangan deposit batu kapur sekitar 76 juta ton.

Selain di Vietnam, Semen Indonesia kini berencana membangun pabrik semen baru berkapasitas 1 juta ton per tahun di Myanmar dengan investasi US$ 200 juta.

Perusahaan kini menyeleksi tiga mitra lokal dalam rangka ekspansi di Myanmar. Penjajakan terhadap ketiga perusahaan ditujukan untuk menentukan mitra lokal dalam pembentukan joint venture. Manajemen menargetkan penetapan mitra dan pembentukan perusahaan patungan tuntas pada semester II-2013. Mitra asal Myanmar akan dipilih berdasarkan kinerja yang paling baik dan menguasai sumber bahan baku.

Akan halnya di dalam negeri, Semen Indonesia menganggarkan belanja modal Rp 4 triliun pada 2013. Dana tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan pabrik semen Tonasa, pembangkit listrik, dan pabrik pengepakan semen. Semen Indonesia juga baru saja menyelesaikan pembelian tanah untuk pembangunan pabrik semen di Rembang senilai Rp 3,9 triliun yang akan selesai pada 2016.

Pada 2012, Semen Indonesia meraup laba bersih Rp 4,92 triliun, tumbuh 23,2 persen dari tahun sebelumnya. Penguatan kinerja Semen Indonesia terus berlanjut pada kuartal I-2013 dengan laba bersih Rp 1,24 triliun atau naik 22,3 persen dari tahun sebelumnya.

Reporter: Redaksi

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan